Kajian Online WA Hamba الله SWT
Selasa, 8 Maret 2016
Narasumber : Ustadzah Fina
Rekapan Grup Nanda M106
Tema : Syakhsiyah Islamiyah
Editor : Rini Ismayanti
CINTA
KEPADA ALLAH (MAHABBATULLAH)
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga
kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan
sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring
salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam,
Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada
keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari
akhir nanti. InsyaAllah aamiin
Kecintaan kepada Allah sebagai dasar untuk menjadikan amal yang
saleh dan ibadah yang shahih. Amal tanpa didasari cinta akan merosakkan amal
yang dikerjakannya, tetapi sebaliknya apabila amal berdasarkan cinta akan
menghasilkan amal saleh yang akan dihayati dengan mendalam. Ibadah kepada Allah
perlu didasari kecintaan. Cinta kepada Allah maka akan rela dan ikhlas
melaksanakan semua perintahNya. Bahkan dengan cinta, rela mengorbankan jiwa dan
harta untuk mengikuti perintah yang kita cintai.
Cinta akan mempengaruhi kehidupan seseorang, baik cinta kepada
Allah atau bukan kepada Allah. Cinta bukan kepada Allah sering membawa kepada
cinta buta yang tidak dapat dikendalikan sedangkan cinta kepada Allah akan
membawa kepada kedamaian dan ketenangan. Cinta kepada makhluk membawa kepada
ketidakpastian, penasaran dan kesenangan semu. Cinta kepada sesuatu benda akan
hapus apabila benda tersebut hilang atau rusak, manakala cinta kepada Allah
kekal dan abadi. Cinta kepada seseorang membawa kepada kehanyutan perasaan yang
terkadang membawa kita emosional, manakala cinta kepada Allah akan membawa
ketenteraman jiwa. Kita dibolehkan cinta kepada manusia (kepada orang tua,
anak, isteri, dan keluarga) atau benda asalkan di bawah derajat kecintaan
kepada Allah:
Katakanlah, “Jika
bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, isteri-isterimu, keluargamu,
harta kekayaan yang kamu usahakan, perdaganan yang kamu khuatirkan kerugiannya,
dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada
Allah dan RasulNya serta berjihad di jalanNya, maka tunggulah sampai Allah
memberikan keputusannya” dan Allah tidak memberi petunjuk pada orang-orang yang
fasik. (9:24)
Cinta yang bukan kepada Allah biasanya didasari oleh syahwat dan
cinta kepada Allah didasari oleh iman. Syahwat akan mengendalikan diri kita dan
bahkan kita memperturutkan syahwat yang dapat membahayakan diri kita. Manakala
iman akan membawa kebaikan. Cinta memiliki beberapa ciri di antaranya adalah
selalu ingat, mengagumi, rela, siap berkorban, takut, mengharap dan mentaati.
Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa cinta kepada Allah adalah
tujuan puncak dari seluruh maqam spiritual dan ia menduduki derajad/level yang
tinggi. *”(Allah) mencintai mereka dan
merekapun mencintai-Nya.” *(QS. 5: 54).
Cinta memang identik dengan pengorbanan, bahkan dengan
mengorbankan jiwa dan raga sekalipun. Hal ini sudah di buktikan oleh Nabi
Muhammad Saw., waktu ditawari kedudukan mulia oleh pemuka Quraisy asalkan mau
berhenti berdakwah. Dengan kobaran cintanya yang menyala-nyala pada Allah Swt.,
Rasulullah mengatakan kepada pamannya: *”Wahai pamanku, demi Allah seandainya
matahari mereka letakkan di tangan kananku dan rembulan di tangan kiriku supaya
aku berhenti meninggalkan tugasku ini, maka aku tidak mungkin meninggalkannya
sampai agama Allah menang atau aku yang binasa”.
Ali bin Abi Thalib ra pernah berkata: *”Ada hamba yang beribadah
kepada Allah karena ingin mendapatkan imbalan, itu ibadahnya kaum pedagang. Ada
hamba yang beribadah karena takut siksaan, itu ibadahnya budak, dan ada
sekelompok hamba yang beribadah karena cinta kepada Allah Swt, itulah ibadahnya
orang mukmin”*. Seorang pecinta akan berhias wangi dan rapi dalam shalatnya,
melebihi saat pertemuan dengan orang yang paling ia sukai sekalipun. Bahkan
mereka kerap kali menangis dalam shalatnya. Kucuran air mata para pecinta itu
merupakan bentuk ungkapan kerinduan dan kebahagiaan saat berjumpa dengan-Nya
dalam sholatnya. Mencintai Allah Swt. bisa di pelajari lewat
tanda-tanda-Nya yang tersebar di seluruh ufuk alam semesta.
Ada banyak tanda yang harus kita tunjukkan sebagai bukti
kecintaan kita kepada Allah swt.
1. Banyak Berzikir
Secara harfiyah, zikir bertinya mengingat, menyebut, menuturkan, menjaga, mengerti dan perbuatan baik. Orang yang berzikir kepada Allah Swt bererti orang yang ingat kepada Allah Swt yang membuatnya tidak akan menyimpang dari ketentuan-ketentuan-Nya. Ini bererti zikir itu bukan sekadar menyebut nama Allah, tapi juga menghadirkannya ke dalam jiwa sehingga selalu bersama-Nya yang membuat kita menjadi terikat kepada ketentuan-ketentuan-Nya.
Bagi seorang muslim, berzikir merupakan hal yang amat penting, kerananya satu-satunya perintah Allah Swt yang menggunakan kata katsira (banyak) adalah perintah zikir kepada-Nya sebagaimana firman Allah Swt:
Secara harfiyah, zikir bertinya mengingat, menyebut, menuturkan, menjaga, mengerti dan perbuatan baik. Orang yang berzikir kepada Allah Swt bererti orang yang ingat kepada Allah Swt yang membuatnya tidak akan menyimpang dari ketentuan-ketentuan-Nya. Ini bererti zikir itu bukan sekadar menyebut nama Allah, tapi juga menghadirkannya ke dalam jiwa sehingga selalu bersama-Nya yang membuat kita menjadi terikat kepada ketentuan-ketentuan-Nya.
Bagi seorang muslim, berzikir merupakan hal yang amat penting, kerananya satu-satunya perintah Allah Swt yang menggunakan kata katsira (banyak) adalah perintah zikir kepada-Nya sebagaimana firman Allah Swt:
“Hai orang yang
beriman, berzikirlah kamu kepada Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (33:41).
Untuk menggambarkan betapa penting zikir bagi seorang muslim,
Rasulullah saw mengumpamakannya antara orang yang hidup dengan orang yang mati,
ini bererti zikir itu akan menghidupkan jiwa seorang muslim, Rasulullah Saw
bersabda:
مَثَلُ الَّذِيْ يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِيْ لاَيَذْكُرُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ
Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dengan orang
yang tidak berzikir seperti orang hidup dan orang mati (HR. Bukhari)
2. Mengagumi
Orang yang cinta kepada Allah swt akan kagum terhadap kebesaran dan kekuasaan-Nya, kerananya ia akan selalu memuji-Nya dalam berbagai kersempatan sebagaimana yang tercermin pada firman Allah swt:
Orang yang cinta kepada Allah swt akan kagum terhadap kebesaran dan kekuasaan-Nya, kerananya ia akan selalu memuji-Nya dalam berbagai kersempatan sebagaimana yang tercermin pada firman Allah swt:
“Segala puji bagi
Allah, Tuhan semesta alam” (QS 1:2)
Kekagumannya kepada Allah swt tidak akan membuat kekagumannya
kepada selain-Nya melebihi kekagumannya kepada Allah swt meskipun mereka
mencapai kelebihan dan kekuasaan yang besar kerana semua itu memang tidak akan
dapat mencapai kebesaran dan kekuasaan Allah, bahkan semua itu sangat kecil
dimata Allah swt.
3. Ridho
Orang yang cinta bererti redha dengan yang dicintainya, kerana itu bila seseorang cinta kepada Allah swt, maka iapun redha kepada segala ketentuan-ketentuan-Nya sehingga bila ia diatur dengan ketentuan Allah swt, maka ia tidak akan mencari aturan lain, kerana hal itu hanya membuat ia menjadi tidak sesuai menjadi seorang mukmin sebagaimana firman-Nya:
Orang yang cinta bererti redha dengan yang dicintainya, kerana itu bila seseorang cinta kepada Allah swt, maka iapun redha kepada segala ketentuan-ketentuan-Nya sehingga bila ia diatur dengan ketentuan Allah swt, maka ia tidak akan mencari aturan lain, kerana hal itu hanya membuat ia menjadi tidak sesuai menjadi seorang mukmin sebagaimana firman-Nya:
“Dan tidaklah patut
bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila
Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka
pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah
dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata” (QS 33:36).
4. Berkorban
Tiada cinta tanpa pengorbanan, begitu pula halnya dengan cinta kepada Allah swt yang harus ditunjukkan dengan pengorbanan di jalan-Nya. Dalam hal apapun, manusia harus berkorban dengan segala yang dimilikinya. Orang yang bercinta pasti dituntut berkorban dengan apa yang dimilikinya. Orang yang memiliki hobi atau kegemaran harus berkorban untuk dapat menyalurkan apa yang menjadi kegemarannya itu. Orang yang berjuang di jalan yang batil pun berkorban dengan harta bahkan jiwanya. Abu Jahal, Abu Lahab dan tokoh-tokoh kafir lainnya berkorban dengan harta dan jiwa mereka. Orang-orang munafik untuk maksud kemunafikannya juga berkorban dengan apa yang mereka miliki, meskipun pengorbanan mereka hanya akan menimbulkan penyesalan bagi mereka, Allah Swt berfirman:
Tiada cinta tanpa pengorbanan, begitu pula halnya dengan cinta kepada Allah swt yang harus ditunjukkan dengan pengorbanan di jalan-Nya. Dalam hal apapun, manusia harus berkorban dengan segala yang dimilikinya. Orang yang bercinta pasti dituntut berkorban dengan apa yang dimilikinya. Orang yang memiliki hobi atau kegemaran harus berkorban untuk dapat menyalurkan apa yang menjadi kegemarannya itu. Orang yang berjuang di jalan yang batil pun berkorban dengan harta bahkan jiwanya. Abu Jahal, Abu Lahab dan tokoh-tokoh kafir lainnya berkorban dengan harta dan jiwa mereka. Orang-orang munafik untuk maksud kemunafikannya juga berkorban dengan apa yang mereka miliki, meskipun pengorbanan mereka hanya akan menimbulkan penyesalan bagi mereka, Allah Swt berfirman:
“Sesungguhnya
orang-orang yang kafir itu, menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang)
dari jalan Allah. Mereka akan menafkah harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi
mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam neraka jahannamlah orang-orang
kafir itu dikumpulkan” (QS 8:36).
Bila mereka yang berjuang di jalan yang batil pun mahu
berkorban, apalagi dalam perjuangan di jalan yang haq. Kerana itu sifat pejuang
sejati adalah mahu berkorban dengan harta dan jiwanya, dan cinta kepada Allah
swt bererti harus berkorban di jalan-Nya, ini merupakan kunci untuk mendapatkan
syurga-Nya, Allah Swt berfirman:
“Sesungguhnya Allah
telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan
surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh
atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat,
Injil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain)
daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan
itu, dan itulah kemenangan yang besar” (QS 9:111).
5. Takut
Salah satu sikap yang harus kita miliki sebagai tanda cinta kepada Allah swt adalah rasa takut kepada-Nya. Takut kepada Allah bukanlah seperti kita takut kepada binatang buas yang menyebabkan kita terus menjauhinya, tapi takut kepada Allah Swt adalah takut kepada murka, siksa dan azab-Nya sehingga hal-hal yang boleh mendatangkan murka, siksa dan azab Allah Swt harus kita jauhi. Sedangkan Allah Swt sendiri harus kita dekati, inilah yang disebut dengan taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah). Ada banyak ayat yang membicarakan tentang takut kepada Allah dan perintah Allah kepada kita untuk memiliki sifat tersebut, satu diantara ayat itu adalah firman Allah Swt:
Salah satu sikap yang harus kita miliki sebagai tanda cinta kepada Allah swt adalah rasa takut kepada-Nya. Takut kepada Allah bukanlah seperti kita takut kepada binatang buas yang menyebabkan kita terus menjauhinya, tapi takut kepada Allah Swt adalah takut kepada murka, siksa dan azab-Nya sehingga hal-hal yang boleh mendatangkan murka, siksa dan azab Allah Swt harus kita jauhi. Sedangkan Allah Swt sendiri harus kita dekati, inilah yang disebut dengan taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah). Ada banyak ayat yang membicarakan tentang takut kepada Allah dan perintah Allah kepada kita untuk memiliki sifat tersebut, satu diantara ayat itu adalah firman Allah Swt:
“Orang-orang yang
menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tidak
merasa takut kepada seseorangpun selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah
sebagai pembuat perhitungan” (QS. 33:39).
Adanya rasa takut kepada Allah Swt, membuat kita tidak berani
melanggar segala ketentuan-Nya. Yang diperintah kita kerjakan dan yang dilarang
kita tinggalkan. Sementara kalau seseorang telah melakukan kesalahan dan ada
jenis hukuman dalam kesalahan itu, maka orang yang takut kepada Allah tidak
perlu ditangkap dan diperiksa, tapi dia akan menyatakan sendiri kesalahannya
itu lalu minta dihukum di dunia ini, sebab dia merasa lebih baik dihukum di
dunia daripada di akhirat nanti yang lebih dahsyat. Takut kepada Allah memang
membuat seseorang akan memperbanyak amal soleh dalam hidup di dunia ini, Allah
Swt berfirman:
“Dan mereka
memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan
orang-orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberikan makan kepadamu hanyalah
untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu
dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhya kami takut akan (azab) Tuhan
kami pada suatu hari yang (dihari itu) orang-orang bermuka masam penuh
kesulitan”. (QS. 76:8-10).
6. Raja’ (Berharap)
Cinta kepada Allah swt juga membuat seseorang selalu berharap kepada-Nya, yakni berharap mendapatkan rahmat, cinta, redha dan pertemuan dengan-Nya yang membuat ia akan selalu meneladani Rasulullah saw dalam kehidupannya di dunia ini, Allah swt berfirman:
Cinta kepada Allah swt juga membuat seseorang selalu berharap kepada-Nya, yakni berharap mendapatkan rahmat, cinta, redha dan pertemuan dengan-Nya yang membuat ia akan selalu meneladani Rasulullah saw dalam kehidupannya di dunia ini, Allah swt berfirman:
“Sesungguhnya telah
ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang
yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak
menyebut Allah” (QS 33:21).
7. Taat
Ketaatan kepada Allah merupakan sesuatu yang bersifat mutlak, kerananya manusia tidak bisa mencapai kemuliaan tanpa ketaatan, untuk itu jangan sampai manusia mendahului ketentuan Allah Swt atau mengabaikan-Nya, Allah berfirman:
Ketaatan kepada Allah merupakan sesuatu yang bersifat mutlak, kerananya manusia tidak bisa mencapai kemuliaan tanpa ketaatan, untuk itu jangan sampai manusia mendahului ketentuan Allah Swt atau mengabaikan-Nya, Allah berfirman:
“Hai orang-orang
yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertaqwalah
kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS
49:1).
Kunci kemuliaan seorang mukmin terletak pada ketaatannya kepada
Allah dan rasul-Nya, kerana itu dengan sebab para sahabat ingin menjaga citra
kemuliaanya, maka mereka contohkan kepada kita ketaatan yang luar biasa kepada
apa yang ditentukan Allah dan Rasul-Nya. Ketaatan kepada Rasul sama
kedudukannya dengan taat kepada Allah, kerana itu bila manusia tidak mahu taat
kepada Allah dan Rasul-Nya, maka Rasulullah tidak akan pernah memberikan
jaminan pemeliharaan dari azab dan siksa Allah Swt, di dalam Al-Qur’an, Allah
Swt berfirman:
“Barangsiapa yang
mentaati Rasul, sesungguhnya ia mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling,
maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka” (QS 4:80).
Manakala seorang muslim telah mencintai Allah swt, maka ia akan
memperoleh kecintaan dari-Nya, ini akan membuatnya bisa menjalani kehidupan
dengan baik.
Wallahua'lam bish showab
TANYA JAWAB
Q : Bagaimana
jika ada orang yang sangat rajin menghadiri majlis taklim n dzkir, tetapi
amaliyah sehari-harinya masih saja sulit dihindarkan dari maksiat, contoh :
jual togel, miras…
A : Perlu dilihat
bagaimana amalan wajibnya saja. Misal sholat ya.
Dalam Al-Qur'an sangat jelas disampaikan bahwa
sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Maka korelasinya adalah.. Orang yang sholat maka ia akan tercegah dari perbuatan
keji dan mungkar..perbuatan yang dibenci oleh Allah..atau untuk terhindar dari
perbuatan keji dan mungkar adalah dibentengi dengan sholat. Kalau orang tersebut masih melakukan perbuatan keji
dan mungkar maka perlu dipertanyakan bagaimana ibadahnya..bagaimana sholatnya.
Ini baru sholat ya belum amalan yang lain..hadir
dalam majelis ilmu saja jika kemudian Allah gak berkehendak ilmu itu masuk ke
dalam diri orang tersebut maka dia tidak akan dijadikan faqih atau memahami
ilmu yang dia pelajari. Cukup
masuk telinga kanan keluar telinga kiri.
Q : Bagaimana
kiat-kiat agar kita ingat untuk terus mengingaat Allah (dzikir)? Kadang kala,
kita dzikir, namun ada saja sesuatu yang membuat fikiran berganti..
A : selama nafas masih berhembus maka
syaithon itu akan terus mengintai mb Siti..hingga ia berhasil memalingkan..they
just say "yes i am done" dan bahagia karena hasutannya berhasil or
"oh no i am failed" dan pulang sambil muka ditekuk and gigit jari
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau
duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan
langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau
menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari
siksa neraka (QS. Ali Imron:191)
Inget Allah g hanya pas dalam keadaan susah..sempit.. Hadirkan
Allah dalam setiap aktivitas kita. Sibukkan diri dengan urusan-urusan
akhirat dibanding urusan dunia. Orang yang bangun pertama kali jika yang
diingat adalah urusan dunia maka ia akan disibukkan dengan urusan duniawi dalam
kesehariannya saat itu. Begitu pula sebaliknya..jika yang
diingat adalah urusan akhirat maka ia akan disibukkan dengan urusan-urusan
akhirat dalam kesehariannya.
تَعَرَّفْإِلىَاللهِفِيالرَّخَاءِيَعْرِفْكَفِيالشِّدَّةِ
“Kenalilah Allah disaat lapang, niscaya Allah akan mengenalimu
disaat sempit.” (HR. at Tirmidzi).
“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu
yang lebih Aku cintai dari apa-apa yang Aku wajibkan kepadanya, dan hamba-Ku
itu tetap mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku
mencintainya. Bila Aku mencintainya, Aku akan menjadi pendengaran yang ia
gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat,
menjadi tangannya yang ia gunakan untuk menggenggam, dan menjadi kakinya yang
ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta pasti Aku beri, jika ia meminta
perlindungan, niscaya Aku lindungi.” (HR. Bukhari)
Q : Assalamu'alaikum,
saya baca surah Al-Furqān ayat 23 - "Dan kami hadapi segala amal yang
mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang
berterbangan", lalu bagaimana cara kita agar ibadah yang kita lakukan tdk
terbuang sia-sia seperti ayat diatas? Soalnya dalam kondisi tertentu
kadang sewaktu ibadah ada rasa kurang iklas dan tdk khusu serta dalam beribadah
terbersit maksud lain misalnya terkabulnya hajat.
A : Syarat
diterimanya amal ada 2:
1. Kelurusan dan keikhlasan niat
2. Ittiba' rasul (sesuai dengan syariat/sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah)
Dalam surat al Mulk ayat 2 ...Allah sebutkan ahsanu 'amala..bahwa amalan itu diterima ketika dilakukan dengan ikhlas dan tepat (sesuai dengan ajaran Rasulullah)
Ketika amalan itu dilakukan sesuai syariat namun ia tidak ikhlas dalam menjalankannya maka tak ada guna amalan kita laksana debu tertiup angin..begitu pula ketika amalan itu sangat ikhlas dilakukan namun tidak sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah maka amalan itupun tertolak..sebanyak apapun amalannya. Ketika ada rasa kurang ikhlas muncul segera ingat dan beristighfar..luruskan kembali..ketika udah mau belok luruskan lagi dan begitu seterusnya. Karena memang disamping ketaatan, manusia juga diciptakan dengan potensi hawa nafsunya. Malaikat selalu lurus karena memang diciptakan untuk taat saja sama Allah..gak pernah neko-neko, gak ingin nyeleweng ataupun tergoda nafsu untuk berpaling dst..sedangkan manusia..effortnya lebih besar untuk lawan hawa nafsunya agar jalannya lurus terus diatas rel kebenaran. Karena itu ia disebut sebagai makhluk yang paling mulia.
1. Kelurusan dan keikhlasan niat
2. Ittiba' rasul (sesuai dengan syariat/sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah)
Dalam surat al Mulk ayat 2 ...Allah sebutkan ahsanu 'amala..bahwa amalan itu diterima ketika dilakukan dengan ikhlas dan tepat (sesuai dengan ajaran Rasulullah)
Ketika amalan itu dilakukan sesuai syariat namun ia tidak ikhlas dalam menjalankannya maka tak ada guna amalan kita laksana debu tertiup angin..begitu pula ketika amalan itu sangat ikhlas dilakukan namun tidak sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah maka amalan itupun tertolak..sebanyak apapun amalannya. Ketika ada rasa kurang ikhlas muncul segera ingat dan beristighfar..luruskan kembali..ketika udah mau belok luruskan lagi dan begitu seterusnya. Karena memang disamping ketaatan, manusia juga diciptakan dengan potensi hawa nafsunya. Malaikat selalu lurus karena memang diciptakan untuk taat saja sama Allah..gak pernah neko-neko, gak ingin nyeleweng ataupun tergoda nafsu untuk berpaling dst..sedangkan manusia..effortnya lebih besar untuk lawan hawa nafsunya agar jalannya lurus terus diatas rel kebenaran. Karena itu ia disebut sebagai makhluk yang paling mulia.
Alhamdulillah, kajian
kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan
bermanfaat. Aamiin....
Segala yang benar dari
Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita
tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul
majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma
wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya
Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah
melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment