REKAP KAJIAN HA G7, G6, G3 Ummahat
Hari/Tanggal : Kamis.2 Februari, 13 April, 7 September 2017
Tema : RUQYAH SYARI'IYYAH
Narsum : Ustadz Tono Esfandiar
Notulen : Ummu Rasya
Editor : Sapta
~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~
RUQYAH SYARI’IYYAH
“…..Katakanlah, bagi segenap orang-orang yang beriman Al Quran menjadi petunjuk dan juga obat” (QS. Fushilat :44)
“Kami turunkan dari Al Quran ini, yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang mukmin” (QS Al Israa: 82)
“Hai manusia, sesungguhnya telah dating kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yg berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS Yunus :57)
Rasululloh SAW bersabda : “ Allah tidak menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya” (Shahih Bukhari :5246)
“Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, maka akan menjadi baik semuanya, dan apabila segumpal daging itu jelek, maka akan jeleklah semuanya, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah Qalbu” (HR Bukhari dan Muslim)
Dari Aisyah, bahwa Nabi SAW memerintahkan kepadanya untuk meruqyah dari penyakit ‘ain (HR. Sunan Ibnu Majah 3503)
Dari Abu bakar bin Muhammad bahwa Khalidah binti Anas Ummu bani Hazm As Sa’idi dating menemui Nabi SAW, dia meminta pertimbangan kpd beliau untuk diruqyah, maka beliau memerintahkan terapi dengan ruqyah (HR Sunan Ibnu Majah 3505)
Dari Amru bin Hazm dia berkata “Aku memperlihatkan gigitan ular kepada Rasululloh SAW, maka beliau memerintahkan meruqyah” (HR Sunan Ibnu Majah 3510)
“.. peragakanlah ruqyah itu di hadapanku, Ruqyah itu tidak ada salahnya selama tidak mengandung syirik” (Shahih Muslim)
Dari Anas ia berkata “sesungguhnya Rasululloh SAW membolehkan ruqyah karena terkena racun, ain (sejenis gangguan hasad dari jin dan manusia) dan luka” (Sunan Tirmidzi : 1981)
Nabi SAW bersabda Ruqyahlah pria tadi dan ajarkanlah ruqyah tersebut kpd Hafsah sebagaimana engkau mengajarinya menulis. (HR. Al Hakim dlm Al Mustradak dan di sahihkan oleh Al Bani dlm As Shahiihah)
Ruqyah tidak menolak takdir: Sufyan bin Uyainah berkata dalam riwayatnya, saya telah bertanya kepada Rasululloh SAW , bagaimana menurut anda tentang obat yang kami gunakan untuk mengobati penyakit, ruqyah yang kami praktekkan, dan penjagaan yang kami buat, apakah bisa menolah takdir Allah ? Kemudian Rasululloh SAW bersabda “ Itu semua termasuk takdir Allah Tabaaroka wa ta’ala” (musnad Ahmad 1429. Juga dlm Sunan Tirmidzi 2074 & 1991, Sunan Ibnu Majah 3428)
Rasululloh SAW meruqyah cucunya : dari Ibnu Abbas ia berkata, dahulu Rasululloh SAW sering mendoakan Hasan Husein dengan mengucapkan : “Aku melindungi kalian dengan kalimat Allah, Al quran atau Asma’ dan sifat-Nya, yang sempurna dari setiap syaitan dan binatang berbisa serta Ain yang dengki). Beliau bersadba “ demikianlah dahulu Ibrahim melindungi Ishaq dan Ismail ‘Alaihimus salaam: (kutipan Sunan Tirmidzi 1986).
Rasululloh SAW meruqyah anak-anak : Dari Imam Ahmad, dari Yalla bin Murah dari ayahnya, tentang seorang perempuan yang dating kehadapan Rasululloh SAW membawa bayinya yang kesurupan dan Nabi Muhammad bersabda “Keluarlah wahai musuh Allah! Aku adalah utusan Allah” maka bayi itu sembuh seketika. Dan ibu tadi memberikan 2 ekor domba, keju dan minyak samin dan Rasululloh SAW hanya mengambil keju dan minyak samin serta 1 ekor domba. (Imam Ahmad dan Thabrani)
Upah Ruqyah : Dari Kharijah bin Ash Shalt At Tamimi dari pamannya bahwa ia dating kepada Rasululloh SAW lalu masuk Islam, kemudian kembali dari sisinya dan melewati sebuah kaum yang pada mereka terdapat orang gila yang diikat dengan sebuah besi. Keluarganya lalu berkata “telah sampai kabar kepada kebaikan, apakah kalian memiliki sesuatu yang dapat engkau gunakan untuk mengobati ? lalu aku meruqyahnya menggunakan surat Al Fatihah sehingga orang itu pun sembuh. Kemudian mereka memberiku seratus ekor kambing. Setelah itu aku datang kepada Rasululloh SAW dan mengabarkan hal tersebut, beliau lantas bertanya “Apakah engkau hanya mengucapkan ini?” Beliau bersabda : “demi Dzat yang memanjangkan umurku, ambillah! Sungguh, orang makan dengan ruqyah/jampi batil sedangkan engkau makan dengan ruqyah yang benar” (sunan Abu Daud 3398, juga terdapat dlm Musnad Ahmad 20833).
Ruqyah Ain : Urwah bin Zubair menceritakan, bahwa Rasululloh SAW memasuki rumah Ummu Salamah, isteri Nabi SAW , sementara di dalam ada seorang bayi sedang menangis. Mereka lalu menceritakan bahwa anak itu terkena ‘ain Urwah berkata “ Rasululloh SAW bersabda Apakah kalian tidak meruqyahnya untuk menangkal ‘ain? (Muwatha’ Malik 1474)
Jabir bin Abdullah radliallahu ‘anhu berkata “Nabi SAW menjengukku ketika saya sakit, lalu beliau berwudhu dan memercikkan air wudlu nya kepadaku, atau bersabda percikkanlah air wudhu padanya” lantas saya pun tersadar. (dikutif dari Shahih Bukhari 5244).
Ruqyah Malaikat Jibril : Dari Abu Sa’id bahwa jibril mendatangi Nabi SAW kemudian berkata “ Hai Muhammad, apakah kamu sakit ? Rasululloh SAW menjawab: ya aku sakit, lalu jibril meruqyah beliau dengan mengucapkan : Dengan nama Allah aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu dan dari kejahatan makhluk atau kejahatan mata yang dengki. Allah lah yang menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu.
Kontroversi Ruqyah : Dari Mujahid dari ‘Aqqar bin Al Mughirah bin Syu’bah dari bapaknya ia berkata; Rasululloh SAW bersabda : “Barangsiapa yang berobat dengan Kay atau meminta untuk diruqyah, maka sungguhnya ia telah berlepas diri dari sifat tawakal” (sunan Tirmidzi 1980).
Hasan Shahih juga dalam Sunan Ibnu Majah 3480.
Hadis yg berbunyi tidak termasuk tujuh puluh ribu yang masuk syurga tanpa hisab orang-orang yg tidak pernah minta untuk diruqyah, tidak pernah bertathayur (menganggap sial pada binatang) dan tidak pula melakukan terapi kay (terapi dengan menempelkan besi panas) sedangkan kpd Rabb mereka bertawakal. (Shahih Bukhari 5270) juga dalam musnad Ahmad 3615.
Beberapa ulama berpendapat ruqyah yg dimaksud dalam hadits ini adalah ruqyah yg syirikiyyah (meminta bantuan jin), dalam urgensi dakwah Tauhid masyarakat saat ini banyak terjebak dalam kesyirikan Ruqyah Syari’iyyah adalah solusi Umat Islam menuju Tawakal kepada Rabb nya. Allahu ‘alam.
MENGENAL JIN BERDASARKAN AL QURAN DAN AS SUNNAH
Mengenal makhluk ghaib yang tidak tampak di hadapan kita, kita tidak bisa menerima informasi yang akurat dan terpercaya kecuali dari sumber asasi yaitu Al Quran dan AS Sunnah, kemudian Ijma’ para ulama Salaf. Karena informasi mengenai makhluk ghaib yang beredar di masyarakat dan diyakini banyak bersumber kepada omongan dukun atau warisan khurafat yang sudah turun temurun, seperti adanya sebutan sebutan yang bermacam-macam bagi jin : arwah gentayangan, sukma seorang yang sudah meninggal, genderuwo, kuntilanak, pocong, tuyul dan sebagainya. Maka kita hanya mengimani berita berita ghaib yang bersumber kepada syariat Islam, agar kita tidak tersesat.
Jin adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari nyala api. Allah berfirman : “ Dan Dia menciptakan jin dari nyala api “ (QS AR Rahman : 15)
Jin diciptakan sebelum manusia, sebagaimana Allah berfirman : “ Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas (QS Al Hijr: 27)
Bangsa Jin ada jenis laki-laki dan perempuan serta berkembang biak seperti umat manusia. Allah berfirman : “Didalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. (QS Ar Rahman:56).
Sebagaimana Abdullah bin Umar RA berkata : “Sesungguhnya Allah membagi manusia dan jin itu ke dalam sepuluh bagian : Sembilan bagian adalah jin dan satu bagian adalah manusia. Tidak seorangpun manusia yang melahirkan seorang anak kecuali jin melahirkan 9 anak” (HR Ibnu Abdil Barr, Ibnu Jarir, Hakim dan Ibn Abi Hatim).
Jin dan Manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah semata, sebagaimana Allah berfirman : “ Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku” (QS Adz Dzariyat:56).
Bangsa Jin ada yang kafir ada yang muslim, musyrik, mukmin, fasiq, zhalim. Allah berfirman dalam pernyataan jin :
“Dan sesungguhnya di antara Kami ada orang-orang yang sholeh dan diantara Kami ada pula yang tidak demikian halnya adalah Kami menempuh jalan yang berbeda-beda (QS. Al Jinn : 11)
“ Dan sesungguhnya di antara Kami ada orang-orang yang taat dan ada pula orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat , maka mereka itu benar benar memilih jalan yang lurus” (QS: Al Jinn:14).
Dalam kondisi normal, jin bisa melihat kita, tetapi kita tdk bisa melihat mereka. Allah berfirman : “ Hai anak Adam, janganlah sekali kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari syurga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman (QS. Al A’raf:27).
MEMAHAMI PENYAKIT AIN DAN MENCEGAH JUGA PENGOBATANNYA
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا
Dari Ibnu Abbas rodhiyallohu anhu, Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya, jika seandainya ada sesuatu yang mendahului qodar,maka akan didahului oleh ain.Apabila kamu diminta untuk mandi maka mandilah. (hadist riwayat Muslim)
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ
Dari Aisyah rodhiyallohu anha,Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : Mintalah kalian perlindungan kepada Alloh dari ain (mata jahat) karena sesungguhnya ain itu haq (benar) (HR ibnu Majah)
Apakah penyakit ain itu?
Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata,yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya.
Dari Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu :
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ
Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).
‘Ain dapat terjadi meskipun tanpa kesengajaan pelakunya
Ibnu Qoyyim rohimahulloh mengatakan bahwa terkadang seseorang bisa mengarahkan ‘ain kepada dirinya sendiri. Pelakunya termasuk jenis manusia yang paling jahat. Sahabat-sahabat kami dari kalangan ahli fiqh menyatakan, :Sesungguhnya bila diketahui ada orang yang melakukan hal itu, maka penguasa kaum muslimin harus memenjarakannya, lalu dipenuhi seluruh kebutuhannya hingga akhir hayat.”
Namun terkadang pengaruh buruk ain terjadi tanpa kesengajaan dari orang yang memandang takjub terhadap sesuatu yang dilihatnya. Lebih dari itu pengaruh buruk ini juga bisa terjadi dari orang yang hatinya bersih atau orang-orang yang sholih sekalipun mereka tidak bermaksud menimpakan ain kepada apa yang dilihatnya. Hal ini pernah terjadi diantara para sahabat Nabi shollallohu alaihi wa sallam, padahal hati mereka terkenal bersih,tidak ada rasa iri atau dengki terhadap sesamanya. Akan tetapi dengan izin Alloh dan takdirnya, pengaruh buruk ain ini dapat terjadi diantara mereka.
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّهُ قَالَرَأَى عَامِرُ بْنُ رَبِيعَةَ سَهْلَ بْنَ حُنَيْفٍ يَغْتَسِلُ فَقَالَ مَا رَأَيْتُ كَالْيَوْمِ وَلَا جِلْدَ مُخْبَأَةٍ فَلُبِطَ سَهْلٌ فَأُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامِرًا فَتَغَيَّظَ عَلَيْهِ وَقَالَ عَلَامَ يَقْتُلُ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ أَلَّا بَرَّكْتَ اغْتَسِلْ لَهُ فَغَسَلَ عَامِرٌ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ وَمِرْفَقَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَأَطْرَافَ رِجْلَيْهِ وَدَاخِلَةَ إِزَارِهِ فِي قَدَحٍ ثُمَّ صُبَّ عَلَيْهِ فَرَاحَ مَعَ النَّاسِ
Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif, dia berkata bahwa Amir bin Robi’ah melihat Sahl bin Hunaif sedang mandi, lalu berkatalah Amir : ‘Aku tidak pernah melihat (pemandangan) seperti hari ini, dan tidak pernah kulihat kulit yang tersimpan sebagus ini” Maka terpelantinglah Sahl. Kemudian Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam mendatangi Amir. Dengan marah beliau berkata :”Atas dasar apa kalian mau membunuh saudaranya? Mengapa engkau tidak memohonkan keberkahan (kepada yang kau lihat)? Mandilah untuknya!Maka Amir mandi dengan menggunakan suatu wadah air, dia mencuci wajahnya,dua tangan,kedua siku,kedua lutut,ujung-ujung kakinya,dan bagian dalam sarungnya. Kemudian air bekas mandinya itu dituangkan kepada Sahl, lantas dia sadar dan berlalulah bersama manusia. (HR Malik dalam Al-Muwaththo 2/938, Ibnu Majah 3509, dishahihkan oleh Ibnu Hibban 1424. Sanadnya shohih,para perawinya terpercaya,lihad Zadul Ma’ad tahqiq Syu’aib al-Arnauth dan Abdul Qodir al-Arnauth 4/150 cetakan tahun 1424 H)
Jenis-jenis ‘Ain
Ibnu Qoyyim rohimahulloh mengatakan bahwa penyakit ‘ain ada dua jenis :’ain insi (‘ain berunsur manusia) dan ‘ain jinni (‘ain berunsur jin).
Diriwayatkan dengan shahih dari Ummu Salamah bahwa Nabi shollallohu alaihi wa sallam pernah melihat seorang budak wanita di rumahnya yang wajahnya terlihat kusam. Beliau berkata,”Ruqyah wanita ini, ia terkena ‘ain. (Dikeluarkan oleh Al-Bukhori dan Muslim,Al-Hakim,Abu Nu’aim dan Al-Isma’ili dalam Mustakhroj-nya serta Ath-Thobroni)
Al-Husain bin Mas’ud Al-Farro berkata :Adapun sabda beliau “sa’fatun(kusam) bermakna “Nadzrotun” (terkena ‘ain dari unsur jin).
Tanda-tanda Anak/bayi terkena ‘ain
Bayi yang baru lahir dan anak-anak sangat rentan terkena penyakit ‘ain. Apalagi kalau bayi/anak itu mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki bayi/anak yang lain, seperti kelucuannya,rupanya yang manis ,kesehatannya, dan lain-lain yang mengundang perhatian siapa saja yang melihatnya.
Adapun diantara tanda-tanda anak yang terkena pengaruh buruk ‘ain adalah :
- Tangisan yang tidak wajar yang tidak kunjung henti,kejang-kejang tanpa sebab yang jelas, tidak mau menyusu kepada ibunya tanpa sebab yang jelas.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْدَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَ صَوْتَ صَبِيٍّ يَبْكِي فَقَالَ مَا لِصَبِيِّكُمْ هَذَا يَبْكِي فَهَلَّا اسْتَرْقَيْتُمْ لَهُ مِنْ الْعَيْنِ
Aisyah rodhiyallohu anha berkata : “Suatu ketika Nabi masuk (rumahnya) kemudian mendengar bayi sedang menangis.Beliau berkata,”Mengapa bayi kalian menangis?Mengapa tidak kalian bacakan ruqyah-ruqyah (supaya sembuh) dari penyakit ‘ain?) (Shahihul jami’ 988 n0.5662)
- Kondisi tubuh yang sangat kurus kering
عَنْ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِرَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِآلِ حَزْمٍ فِي رُقْيَةِ الْحَيَّةِ وَقَالَ لِأَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ مَا لِي أَرَى أَجْسَامَ بَنِي أَخِي ضَارِعَةً تُصِيبُهُمْ الْحَاجَةُ قَالَتْ لَا وَلَكِنْ الْعَيْنُ تُسْرِعُ إِلَيْهِمْ قَالَ ارْقِيهِمْ
Dari Jabir rodhiyallohu anhu bahwa Rosulullohshollallohu alaihi wa sallam memberi rukhshoh (keringanan) bagi anak-anak Ja’far memakai bacaan ruqyah dari sengatan ular. Beliau berkata kepada Asma’ binti Umais,”Mengapa aku lihat badan anak-anak saudaraku ini kurus kering? Apakah mereka kelaparan?” Asma’ menjawab : “tidak, akan tetapi mereka tertimpa ‘Ain.” Kata beliau,”Kalau begitu bacakan ruqyah bagi mereka! (HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi)
Sunnah bagi orang yang memandang takjub terhadap sesuatu :
Seperti yang telah dijelaskan di atas,bahwa penyakit ‘ain tidak hanya disebabkan oleh orang yang iri dan dengki terhadap sesuatu yang dipandangnya. Bahkan setiap mata yang memandang takjub terhadap sesuatu dengan izin Alloh juga bisa menyebabkan pengaruh buruk ‘ain walaupun orang tersebut tidak bermaksud menimpakan ‘ain. Bahkan ini terjadi pada para sahabat Nabi yang sudah terkenal akan kebersihan hati mereka.
Adapun diantara sunnah ketika seseorang memandang takjub terhadap sesuatu adalah :
- Mendoakan keberkahan pada apa yang dilihatnya
Dari Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu :
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ
Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).
Di antara cara mendoakan keberkahan terhada apa yang dilihatnya adalah :
بَارَكَ اللَّهُ فِيهِ
‘Ya Alloh Semoga Alloh memberikan berkah padanya”
اللَّهُمَّ بَارِكْعَلَيْهِ
“Ya Alloh berkahilah atasnya”
اللَّهُمَّ بَارِكْلَهُ
“Ya Alloh berkahilah baginya”
- Hendaklah mengucapkan :
مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
“Sungguh atas kehendak Allohlah semua ini terwujud”
Hal ini didasari firman Alloh dalam surat Al-Kahfi ayat 39. Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut dengan mengatakan :”Ketika engkau masuk suatu kebun dan kau merasa takjub akan keindahannya,mengapa engkau tidak memuji Alloh atas nikmat yang telah diberikan kepadamu seperti nikmat harta dan anak keturunan yang tidak diberikan kepada selain engkau dan mengapa kamu tidak mengucapkan masya’Alloh la quwwata illa billah.
Upaya-upaya orang tua untuk mengantisipasi anak dari ‘Ain:
- Hendaklah orang tua membiasakan diri mereka membentengi anak-anaknya dari bahaya ‘ain dengan ruqyah-ruqyah (bacaan-bacaan) yang diajarkan dalam Islam. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabishollallohu alaihi wa sallam memohon perlindungan Alloh untuk Hasan dan Husain dengan doa :
أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ
Aku berlindung kepada Alloh untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Alloh yang sempurna dari segala syaitan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat. (HR Abu Daud)
- Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imam Ibnul Qoyyim dalam zadul ma’ad 4/159, hendaknya para orang tua tidak menampakkan suatu kelebihan yang menakjubkan yang dimiliki anak-anaknya yang dikhawatirkan akan mengundang rasa iri atau kedengkian orang yang melihatnya. Lalu Ibnu qoyyim menukil atsar dari Imam Baghowi bahwasanya pernah suatu ketika Utsman bin Affan rodhiyallohu anhu melihat seorang anak kecil yang sangat elok rupanya lagi menawan, kemudian Ustman berkata, “Tutupilah (jangan ditampakkan) lubang dagu (yang membuat orang takjub) pada anak itu.” Maka keadaan seperti itu sangat dikhawatirkan akan terjadinya pengaruh buruk ‘ain. Lebih-lebih kalau ada orang yang terkenal mempunyai sifat iri dan dengki.
- Hendaklah para orang tua tidak berlebihan menceritakan kelebihan-kelebihan atau kebaikan-kebaikan anaknya yang tidak dimiliki anak-anak lain, sehingga mengundang rasa iri dan dengkii siapa saja yang mendengarnya,kemudian berusaha melihatnya,hingga Alloh menakdirkan terjadinya pengaruh buruk ‘Ain tersebut.
Upaya-upaya orang tua bila anak sudah terkena pengaruh buruk ‘Ain :
- Jika pelakunya diketahui, maka hendaklah orang itu diperintahkan untuk mandi, kemudian orang yang terkena pengaruh mata itu mandi dengan bekas air mandi orang itu. Hal ini sebagaimana kisah sahabatnabi shollallohu alaihi wa sallam Sahl bin Hunaifrodhiyallohu anhu dalam hadits yang telah lalu,bahwa nabi shollallohu alaihi wa sallam memerintahkan Amir bin robi’ah rodhiyallohu anhu untuk mandi dan sisa air mandinya diguyurkan pada Sahl bin Hunaifrodhiyallohu anhu.
At-Tirmidzi menjelaskan :”Pelaku ‘ain diperintahkan untuk mandi dengan menggunakan air dalam baskom. Lalu meletakkan telapak tangannya di mulut dan berkumur-kumur,lalu disemburkan ke dalam baskom tersebut. Baru setelah itu membasuh wajahnya dengan air dalam baskom tersebut,lalu memasukkan tangan kirinya dan mengguyurkan air ke lutut kanannya dengan air baskom tersebut.Kemudian memasukkan tangan kanannya dan menyiramkan air baskom itu ke lutut kirinya.Baru kemudian membasuh tubuh di balik kain, namun baskom itu tidak usah diletakkan di atas tanah atau lantai.Setelah itu sisa air diguyurkan ke kepala orang yang terkena ‘ain dari arah belakang satu kali guyuran.
- Memperbanyak membaca “Qul Huwallohu Ahad” (suratal-Ikhlas),Al-Muawwidzatain (surat al-Falaq dan an-Naas),al-Fatihah,ayat kursi,bagian penutup surat al-Baqoroh (dua ayat terakhir),dan mendoakan dengan doa-doa yang disyariatkan dalam ruqyah.
- Membaca doa :
بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ
“Dengan menyebut Nama Alloh,aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dan dari kejahatan setiap jiwa atau mata orang yang dengki.Mudah-mudahan Alloh subhanahu wa ta’ala menyembuhkanmu.Dengan menyebut Nama Alloh,aku mengobatimu dengan meruqyahmu.” (HR.Muslim no.2186 (40),dari Abu Said rodhiyallohu anhu)
Atau
بِاسْمِ اللَّهِ يُبْرِيكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ
“Dengan menyebut nama Alloh,mudah-mudahan Dia membebaskan dirimu dari segala penyakit,mudah-mudahan Dia akan menyembuhkanmu,melindungimu dari kejahatan orang dengki jika dia mendengki dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai mata jahat.” (HR. Muslim no. 2185 (39), dari Aisyahrhodiyallohu anha)
Ini adalah doa yang dibacakan malaikat Jibril kepada Nabi shollallohu alaihi wa sallam ketika mendapat gangguan syetan.
- Membacakan pada air (dengan bacaan –bacaan ruqyah yang syar’i) disertai tiupan, dan kemudian meminumkan pada penderita,dan sisanya disiramkan ke tubuhnya. Hal itu pernah dilakukan Rosulullohshollallhu alaihi wa sallam kepada Tsabit bin Qois. (HR. Abu Daud no. 3885).
- Dibacakan (bacaan) pada minyak dan kemudian minyak itu dibalurkan. (HR Ahmad III/497,lihat silsilah al-Ahaadits as-Shohihah :397). Jika bacaan itu dibacakan pada air zam-zam,maka yang demikian itu lebih sempurna jika air zam-zam itu mudah diperoleh atau kalau tidak,boleh juga dengan air hujan.
Maroji:
- Metode Pengobatan Nabi shollallohu alaihi wa sallam, Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah
- Doa dan Wirid Mengobati Guna-Guna dan Sihir Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah,Ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas
- Majalah al-Furqon edisi 4 tahun V Dzulqo’dah 1426 Desember 2005, Artikel oleh Ust. Abu Ibrohim Muhammad Ali
------------------------------
TANYA JAWAB
Rekap G7
T : Asalamaualaikum Ustadz, ijin bertanya, saya pernah dengar ada yang ketika di rukyah sampai teriak-teriak, berguling-guling dan melotot. Saya juga pernah melihat di rukyah, dengan dibacakan Al Fatihah, surat iklas, surat falaq, surat annas dan ayat qursy, tidak ada gerakan-gerakan yang ekstrim. Nah menurut ustadz, rukyah yang benar yang mana no 1 atau 2? Maaf dan terimakasih
J : Waalaikumussalam, Ruqyah Syar'i dipahami ya bahwa boleh dengan 3 hal :
1. Seluruh ayat Al Quran
2. Doa2 dr hadits sahih
3. Doa dengan bahasa yang dikuasai tapi tidak boleh ada kesyirikan didalamnya.
Adapun suatu reaksi dalam proses ruqyah syar'i seperti : kesurupan, teriak-teriak, muntah, mengamuk tidak terkontrol, keringetan, dan lain-lain wajar terjadi ketika di ruqyah, namun hal itu semua bisa diminimalisir dengan diagnosa detail terhadap sumber penyakit lalu tazkiyatun nafs dan mengharap ridho Allah maka in syaa Allah saat di bacakan ayat-ayat ruqyah tidak terjadi reaksi yang berlebihan atau in syaa Allah tetap bisa terkontrol. Ini dibutuhkan pengetahuan bagi si Roqy/peruqyah/terapis nya.
T : Assalamu'alaykum ustadz, seseorang yang kita tahu dia pemarah, ujub, egois suka bertengkar, notabene kita tidak suka, lalu mendengar rencana orang lain mau umroh dia mau ikut gabung, tapi yang lain keberatan karena sifat-sifatnya tersebut. Bolehkah kita berdoa memohon supaya dia tidak ikut dalam rombongan kita? Dosakah doa seperti itu? Syukron ustadz. Wassalam.
J : Waalaykumussalam, Sifat karakter ini memang berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain, sebaiknya temennya diberikan saran untuk melakukan terapi ruqyah bisa hadir dalam pelatihan ruqyah atau konsultasi lagi untuk diruqyah, semoga mendapatkan solusi. Adapun dalam doa maka sebaiknya doa yang diminta adalah yang baik-baik saja. Semisal berdoa semoga segala urusan nanti umroh bersama lancar dimudahkan sama Allah, diberikan kekhusyuan. Karena bisa saja teman yang menyebalkan tidak ikut namun umrohnya tidak khusyu juga mungkin ada hambatan lain atau teman yang menyebalkan ikut namun Allah menakdirlan semuanya bisa khusyu dalam beribadah. Yuk jangan salah dalam berdoa.
T : Bertanya ustadz, saya pernah melihat sebuah pertandingan bulutangkis di sebuah kota, pada saat itu yang bertanding adalah anak-anak usia 10 tahun. Dalam permainan, anak (A) itu menguasai dan di perkirakan bisa memenangkan pertandingan, tapi kenyataannya anak(A) tersebut malahan tidak bisa memainkan permainannya sama sekali dan lawannya (B) suatu saat menjatuhkan sesuatu benda yang berbentuk azimat yang terbungkus kain hitam dari saku celananya sejenak dia terkejut, karena telah menjatuhkan sesuatu itu, apakah itu merupakan pengaruh buruk bagi karena hal seperti itu sering kali terjadi? Terimakasih
J : Jimat, pusaka, atau barang dipercayai memiliki suatu faedah tertentu seperti penjagaan, perlidungan, penglaris, pengasihan/mahabbah, dan sejenisnya merupakan perbuatan syirik dan pelakunya jaminan neraka jahanam apabila selama hidupnya belum bertobat. Adapun kelebihan-kelebihan yang terjadi seperti menang terhadap pertandingan dan lain-lain itu dibantu oleh syetan, ini merupakan strategi untuk menjerumuskan manusia lalu setelah itu mereka akan merusak jiwa-jiwa manusia yang menggunakan jimat dan sejenisnya.
T : Assalamualiakum ustadz, saya beberapa kali di ruqyah. Tetapi begitu saya cerita pada teman saya dia langsung bilang bahwa ruqyah itu tidak diperbolehkan dengan dalil-dalil yang saya tidak ingat. Intinya menurutnya ruqyah itu tidak boleh. Mohon penjelasannya ustadz.
J : Ruqyah bermakna jampi, mantra atau doa. Ruqyah terbagi menjadi 2 yaitu ruqyah syirik dan ruqyah syar'i. Di Indonesia Ruqyah syirik dikenal sebagai perdukunan, paranormal dan sejenisnya ini yang haram tidak boleh dalam Islam. Adapun Ruqyah Syar'i banyak dicontohkan oleh Rasululloh sebagai solusi umat Islam dalam memaksimalkan ikhtiar untuk sembuh. Ruqyah syar'i boleh untuk sakit medis dan non medis.
T : Ijin bertanya ustadz, Saya pernah dengar ada seseorang yang kemasukan mahluk halus. Lalu ketika dibacakan ayat suci al qur'an, jin didalam tubuhnya malah ikutan baca ayat-ayatnya. Apakah itu mungkin ustadz? Kalau ia, bagaimana mengatasinya? Terimakasih.
J : Bisa saja terjadi karena jin yang masuk ke tubuh manusia ada 2 kategori yaitu jin kafir atau jin munafik. Nah bila jinnya bisa baca Al Quran maka dia jin muslim tapi munafik maka caranya adalah dakwah terhadapnya dan berikan tausiyah bahwasanya perbuatannya itu salah dalam syariat Islam. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dalam meruqyah dan tidak bisa belajar hanya via medsos harus talaqqi terhadap guru ruqyahnya
T : Bertanya ustad, apakah wanita yang sedang hamil (3bln keatas) bole ruqyah dengan surat al zalzalah untuk menghilangkan rasa mual yang tidak hilang-hilang? Terimakasih
J : Dalam Ruqyah syar'i semua ayat Al Quran boleh digunakan untuk meruqyah, namun perlu dipahami bahwa kesembuhan bukan karena Surat yang dibaca, bukan karena ruqyahnya dan bukan karena peruqyahnya, tapi karena Allah telah ridho terhadapnya. Ruqyah yang banyak dicontohkan dengan surat Al Fatihah, Al Baqarah permulaan ayat dan akhir ayatnya, dan lain-lain.
T : Ustadz minta tanggapan nya tentang pernyataan ini "Jangan pernah percaya pada peruqyah yang bisa mengeluarkan jin dari tubuh manusia menggunakan tangan dan tenaganya karena bisa jadi tangannya tersebut sedang dimasuki setan, karena sekuat apa pun tenaga manusia tidaklah ada pengaruhna bagi golomgan jin." referensi buku Dr. Syaiful islam mubarak, berjudul, setan juga hafal quran dan bisa meruqyah..
J : Bismillah, semoga semua tanya jawab dibaca oleh semua peserta tidak hanya dibaca oleh sipenanya.
Diatas sudah saya jelaskan bahwa Ruqyah Syar'i tidak boleh mempercayai bahwanya yang memberikan kesembuhan, mengeluarkan jin, memberikan solusi adalah karena ayat yang dibaca atau proses ruqyahnya atau peruqyahnya, namun itu semua karena keridhoan Allah semata. Memang dalam proses peruqyah akan melakukan beberapa hal dengan sentuhan, tepukan, bacaan al quran, hadits, doa dll yang di dalamnya tidak ada kesyirikan juga tetap menjaga kaidah haram bersentuhan atau berduaan dengan lain jenis bukan mahramnya. Taatkala semuanya sudah sesuai syar'i maka hal ini adalah keberkahan. Ungkapan yang ditanyakan lebih kepada buruk sangka sepertinya dan baiknya jauhi buruk sangka dan belajarlah memahami dr Al quran dan Sunnah.
T : Bismillah, Ustadz saya mau tanya saya pernah mengalami setiap mau baca al quran saya batuk tidak berhenti-henti, tapi kalau saya berhenti baca al qurannya batuk itu berhenti juga, saya tes terus begitu berulang ulang, sampe tiga hari, saya coba merukyah diri sendiri dengan baca al ikhlas, al falaq, annas, dan surat terakhir al baqoroh. Dan saya tiupkan ketangan dan masukan ketangan seolah olah saya makan, habis itu saya batuk sampe muntah, habis itu sudah tidak batuk lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah saya kena ain jin?
J : Untuk mengetahui ciri terkena gangguan jin maka perlu melihat adakah ciri-ciri gangguan jin seperti ketindihan, sering mimpi buruk, lebam-lebam tubuh hilang timbul, sakit berkepanjangan dll, setelah ada perlu lagi dicari sumbernya drmanakah jin ini berasal apakah ada jimat, pusaka, susuk, ilmu kanuragan, pernapasan, dll, yang mjd celah masuknya jin ini. Ataukah ada unsur ain maka saya sarankan antum konsultasikan dan diruqayh dengan ahlinya oleh peruqyah yang paham diagnosa.
T : Ustadz bagaimana cara membedakan rukyah yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan?
J : Ruqyah yang haram adalah ruqyah syirik meminta pada kuburan, berwasilah pada tanah kuburan, jimat pusaka, ilmu kebatinan, medianya tidak ada dalam Al Quran atau tidak ada unsur ilmiahnya seperti meminta syarat ayam serba hitam, mentransfer penyakit, visualisasi dll sejenisnya.
T : Ustadz, apakah bila kita suka memuji anak sendiri yang masih kecil anaknya bisa terkena ain?
J : Iya bisa jika lupa mengingat Allah. Maka sebaiknya menyebutkan " ma syaa Allah ....
T : Ustadz, saya kurang faham tentang ain, contoh mudahnya kaya apa? Kenapa bisa misalnya kita liat anak yang lucu, terus anak itu nangis-nangis sampai kejang-kejang begitu?
J : Ain adalah suatu penyakit yang terjadi apabila seseorang memiliki rasa kagum atau dengki terhadap seseorang atau sesuatu namun lupa mengingat Allah. Dalam pujian dan dengki terlempar penyakit dan ini digunakan sama syetan atau diboncengi sama setan. Itu sebabnya kita disunnahkan untuk selalu mengingat Allah. Dalam memuji dengan menyebut.. " ma syaa Allah... subhanallah.." dll
T : Ustadz tanya, bagaimana cara meruqyah diri sendiri ? Surat apa saja yang harus dibaca? Dan bila ada orang kesurupan/kemasukan jin di depan kita, apa yang harus kita lakukan? (dibacakan surat apa dan di pegang apanya bagian tubuhnya?), bila.sampai orang yang kesurupan itu teriak-teriak?
J : Baca 3 Qul ( Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas) tiup lalu usap-usap keseluruh tubuh diniatkan untuk meruqyah ya sebelumnya. Tepuk-tepuk pundaknya lalu panggil namanya suruh istighfar, ini cara untuk menyadarkannya saja tapi jinnya belum keluar ya, nanti bila sudah tenang ajak ke peruqyah agar diruqyah
T : Kalau yang di kena jinnya tidak bisa di ajak komunikasi bagaimana ustadz? Sudah tidak bisa suruh baca istighfar, kondisinya sudah mengamuk.
J : Disadarkan saja caranya seperti dijelaskan diatas. Ditepuk-tepuk pundaknya, dipanggil-panggil namanya pasien lalu suruh istighfar. Nanti di diagnosa saja sama peruqyah agar bisa ditemukan sumber masalahnya
T : Ustadz saya sering bermimpi ular setelah diruqyah maka akan hilang, kalo saya lupa ruqyah mandiri maka binatang ular itu datang lagi. Dua minggu yang lalu saya mimpi lagi tiga ekor ular yang ukuran sedang keluar dari kaki dan badan saya. Satu ekor saya bunuh dan tersisa 2 ekor yag lari. Apakah ini kategori sihir atau gguan jin nasab?
J : Antum lansung saja ke peruqyah yang paham diagnosa agar lebih detail dan lansung dibantu ruqyah
T : Bila badan cape seĺalu mimpi maling dan teriak-teriak, apakah itu gangguan jin juga?
J : Ada kemungkinan
T : Ustadz, saya punya murid yang 1 sering denger di kelas katanya suka ada ibu-ibu yang nangis sedih banget, tapi tidak tahu siapa, dia sih katanya tidak takut, sudah biasa katanya. Nah ada 1 murid lagi beberapa kali nangis tidak mau masuk kelas karena katanya diejek sama jin yang ada disitu, yang kadang-kadang suka dia liat. Harus bagaimana ya ustadz sama yang 2 anak ini?
Suka sy ruqyah, alhamdulillah suka tenang, tp hbs itu kambuh lg
J : Panggil orangtuanya, lalu sarankan datang ke peruqyah sekeluarga, karena biasanya ada faktor masalah pada orangtuanya
T : Saya ngobrol sama orangtuanya, katanya kalau anaknya lagi ada masalah/tekanan biasanya suka begitu, bagaimana yang namanya hidup pasti ada masalah ya?
J : Bukan itu, ada sumbernya, coba ke peruqyah yang paham diagnosa
T : Ooh biasanya ada faktor masalah dari orangtuanya juga ya? Peruqyah di Bandung dimana ya ustadz? Ada disini BRC tapi saya pernah antar temen sepertinya biasa aja. Di Bandung ada ga ustadz?
J : Iya itu biasa saja lebih fokus bekam mereka. Pernah mengadakan di kota bandung tapi belum kaderisasi disana jadi sementara belum ada QQH cabang bandung
~*~*~*~*~
Rekap G6
T ; Assalamu'alaikum ustadz tono, saya mau bertanya, saya setiap mau datang bulan selalu bermimpi disukai oleh laki-laki yang membuat hati saya berbunga-bunga. Tapi,saya tidak tahu siapa laki-laki itu. Setelah suci kembali rasanya juga hilang. Tapi, akhir-akhir ini saya merasa kalau saya "didekati" suami rasanya marah dan tidak senang ustadz. Apa saya termasuk gangguan jin atau memang saya emosian?
J : Butuh informasi lainnya lebih detail untuk bisa menentukan sumber penyakitnya
T : Ustadz, bagaimana tanda fisik orang yang terkena penyakit 'ain?
J : Cirinya : Keringetan di tangan, Merinding, Sakit tiba-tiba, Teringat-ingat seseorang atau mimpi bertemu seseorang yang sama beberapa kali maka inilah pelempar ainnya, Mimpi ular, Sering buang air kecil, Sakit dipundak, dan lain-lain.
T : Saya dan anak saya yang pertama kali ngobrol selalu ujung-ujungnya marahan, saling adu mulut. Saya pengen dihargai sebagai seorang ibu dan anak saya pengen dimanja sebagai seorang anak. Kata orang-orang karena weton (hari lahir~jawa) kita sama, jadi tidak pernah akur. Apakah ini penyakit ain ustadz?
J : Mengenai weton yang sama jangan dipercayai karena ini khurafat. Kemungkinan adanya ain atau memory buruk/psikis masa lalu yg perlu diterapi
T : Ustadz saya mau bertanya, bagaimana menghadapi orang yang dengki tapi tingkatannya sudah menggunakan bantuan jin, kebetulan kakak ipar saya mempunyai usaha dan selama ini sering diganggu, contohnya setiap orang yang diduga ini beli ditempat kakak seketika warung jadi sepi, sempat konsul ke seorang ustadz ternyata uang yang buat beli si orang ini ada jin nya.
J : Terapi ain dan dengki. Bentengi diri dengan dzikir pagi petang sesuai sunnah.
T : Ustadz bagaimana membedakan ain jin, ain manusia hasad dan ain sihir. Dan jika kita sudah terkena ke- 3 ain itu bagaimana cara ruqyah mandirinya ustadz (RM)?
J : Ini butuh kejelian dan detail ahsan belajar via pelatihan dan boleh membaca kitab syeikh sadhan sudah terjemah
T : Kalo hukum meminta tolong kepada ustadz,orang pinter, untuk menyelesaikan masalah tersebut bagaimana ustadz, karena katanya kembali diganggu dan disarankan minta bantuan ke kiyai kebetulan diluar kota. Katanya ga boleh minta di ruqyah?
J : Hukumnya apabila meminta bantuan dukun maka 40 hari ibadah ditolak
SALAH FAHAM!!! KALAU MINTA RUQYAH BERARTI JATAH MASUK SURGA TANPA HISAB TANPA ADZAB DIHAPUS! Ustadz Fadlan Abu Yasir Lc, Founder (ARSYI) Asosiasi Ruqyah Syar'iyyah Indonesia
Saya langsung mendengarkan ceramah Syekh Shalah 'Abud di Masjid Nabawi, beliau menjelaskan maksud hadits 70ribu umat ini masuk surga tanpa hisab tanpa adzab. Sifat mereka tidak selalu minta ruqyah, tidak tathayyur (percaya khurafat), tidak berobat dengan kayy (besi panas), dan mereka selalu tawakkal kepada tuhan mereka. Maksud laa yastarquun adalah: mereka tidak bergantung kepada ruqyah orang lain, karena hal itu akan mengurangi tawakkal dan usaha.
Empat sifat yang menonjol dari 70ribu yang masuk surga tanpa hisab tanpa adzab tidak berarti hanya empat itu saja. Karena seseorang yang hanya berpegang kepada 4 sifat itu merasa cukup untuk masuk surga tanpa hisab tanpa adzab, juga tidak difatwakan oleh siapapun. Bagaimana kalau dia masih takabbur, memutus silatur rahim, korupsi, makan riba, apakah dia bebas masuk surga tanpa hisab tanpa adzab?
Manhaj ulama salaf dalam memahami hadits diruju' ahli hadits yang tsiqah.
Sebenarnya dibolehkan minta ruqyah berdasarkan hadits-hadits Rasulullah SAW:
- Rasulullah SAW memerintah istri beliau ‘Aisyah RA untuk minta ruqyah karena pengaruh ‘ain (pandangan mata orang yang hasad):
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنِي أَنْ أَسْتَرْقِيَ مِنَ الْعَيْنِ .
Dari ‘Aisyah RA berkata: “Aku pernah diperintahkan oleh Rasulullah SAW agar aku minta ruqyah dari ‘ain. (HR. Muslim)
- Rasulullah SAW memerintah istri beliau Ummu Salamah RA:
قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِجَارِيَةٍ فِي بَيْتِ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى بِوَجْهِهَا سَفْعَةً فَقَالَ
بِهَا نَظْرَةٌ فَاسْتَرْقُوا لَهَا يَعْنِي بِوَجْهِهَا صُفْرَةً.
Rasulullah SAW bersabda kepada seorang budak wanita di rumah Ummu Salamah istri Nabi SAW, beliau melihat di wajahnya belang. Beliau bersabda: “Pada wajahnya pengaruh pandangan. Maka mintakanlah ruqyah untuk dia.” Yaitu di wajahnya belang kekuningan. (HR. Muslim)
- Rasulullah SAW memerintah shahabat beliau:
عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَ صَوْتَ صَبِيٍّ يَبْكِي فَقَالَ مَا لِصَبِيِّكُمْ هَذَا يَبْكِي فَهَلا
اسْتَرْقَيْتُمْ لَهُ مِنَ الْعَيْنِ. رواه أحمد
Dari ‘Aisyah RA berkata: Rasulullah SAW masuk, maka beliau mendengar suara anak kecil menangis, beliau berkata: “Kenapa anak kecil kalian ini menangis? Kenapakah kalian tidak memintakan ruqyah untuknya dari ‘ain. (HR. Ahmad)
- Rasulullah SAW memerintah shahabat beliau:
عن عُرْوَةَ بْن الزُّبَيْرِ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ بَيْتَ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَفِي
الْبَيْتِ صَبِيٌّ يَبْكِي فَذَكَرُوا لَهُ أَنَّ بِهِ الْعَيْنَ قَالَ عُرْوَةُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلا تَسْتَرْقُونَ لَهُ مِنَ الْعَيْنِ.
Dari ‘Urwah bin Az-Zubair RA ayahnya menyampaikan bahwa Rasulullah SAW masuk rumah Ummu Salamah istri Nabi SAW, di rumah ada seorang anak kecil menangis, maka mereka menyebutkan bahwa ank itu terkena ‘ain. ‘urwah berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kenapakah kalian tidak memintakan ruqyah untuk dia dari ‘ain?” (HR. Imam Malik dalam Al-Muwaththa’)
- Rasulullah SAW meruqyah kedua cucunya yang bernama Al-Hasan dan Al-Husain:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ يَقُولُ أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ
وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لامَّةٍ وَيَقُولُ هَكَذَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يُعَوِّذُ إِسْحَقَ وَإِسْمَعِيلَ عَلَيْهِمْ السَّلام .
Dari Ibnu Abbas RA berkata: Nabi SAW membacakan perlindungan untuk AL-Hasan dan Al-Husain, beliau berkata: “Aku lindungi kalian dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari syaithan dan binatang berbisa dan ‘ain yang berbahaya.” Beliau berkata: “Demikianlah Ibrahim dahulu melindungi Ismail dan Ishaq ‘alaihimus salam.” (HR. Bukhari dan Turmudzi)
- Malikat Jibril mengajarkan ruqyah kepada Rasulullah SAW:
عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ جِبْرِيْلَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَافَقَهُ مُغْتَمًّا فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ مَا هَذَا الْغَمُّ الَّذِيْ أَرَاهُ فِي
وَجْهِكَ؟ قَالَ: الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ أَصَابَتْهُمَا عَيْنٌ. قَالَ صَدقَ بِاْلعَيْنِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ أَفَلاَ عَوَّذْتَهُمَا بِهَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ؟ قَالَ: وَمَا هُنَّ يَا جِبْرِيْلُ؟ قَالَ: قُلْ اَللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَالْمَنِّ اْلقَدِيْمِ ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالَّدعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الْإِنْسِ. فَقَالَهَا النَّبْيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَا يَلْعَبَانِ بَيْنَ يَدِهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {عَوِّذُوْا أَنْفُسَكُمْ وَنِسَاءَكُمْ وَأَوْلَادَكُمْ بِهَذَا التَّعْوِيْذِ فَإِنَّهُ لَمْ يَتَعَوَّذِ الْمُتَعَوِّذُوْنَ بِمِثْلِهِ}.
Dari ‘Ali RA bahwa malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW ditemuinya tampak sedih, maka ia berkata: “Wahai Muhammad kenapa kesedihan aku lihat di wajahmu? Beliau menjawab: “Al-Hasan dan Al-Husain terkena ‘ain.” Dia berkata: “Benar terkena ‘ain, ‘ain adalah nyata. Kenapakah tidak engkau lindungi mereka dengan kalimat-kalimat itu?” Beliau bertanya: “Kalimat apa itu, wahai Jibril?” Dia menjawab: “Katakanlah: “Ya Allah Yang Memiliki segala kekuasaan yang agung dan pemberian yang terdahulu, Yang Memiliki Wajah yang mulia, Pemelihara kalimat-kalimat yang sempurna, dan do’a-do’a yang terijabahi, sehatkanlah Al-Hasan dan Al-Husain dari pengaruh jiwa-jiwa jin dan pandangan mata manusia.” Maka Nabi SAW memabacakannya. Kemudian mereka bisa berdiri dan bermain dihadapannya. Nabi bersabda: “Lindungilah diri kalian, wanita-wanita kalian, dan anak-anak kalian dengan perlindungan ini, karena sesungguhnya tidak ada perlindungan yang dipakai orang-orang yang berlindung yang seperti ini.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tarikh Dimasyqa, dan Kanzul ‘Ummal)
- Perintah Rasulullah SAW kepada Asma’ binti ‘Umais untuk meruqyah banyak orang karena ia seorang wanita yang ahli ruqyah:
عنَ جَابِر بْن عَبْدِ اللَّهِ يَقُول رَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لآلِ حَزْمٍ فِي رُقْيَةِ الْحَيَّةِ وَقَالَ لأَسمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ مَا لِي أَرَى
أَجْسَامَ بَنِي أَخِي ضَارِعَةً تُصِيبُهُمُ الْحَاجَةُ قَالَتْ لا وَلَكِنِ الْعَيْنُ تُسْرِعُ إِلَيْهِمْ قَالَ ارْقِيهِمْ قَالَتْ فَعَرَضْتُ عَلَيْهِ فَقَالَ ارْقِيهِمْ .
Dari Jabir bin ‘Abdillah RA berkata: Rasulullah SAW membolehkan untuk bagi keluarga Hazm dalam ruqyah ular, dan beliau berkata kepada Asma’ binti ‘Umais: “Kenapakah aku lihat tubuh-tubuh keturunan saudaraku kurus-kurus karena kefakiran? Ia jawab: “Tidak, akan tetapi ‘ain yang cepat mengenai mereka.” Beliau bersabda: “Ruqyahlah mereka!” Ia berkata: “Aku paparkan ruqyah kepadanya.” Beliau bersabda: “Ruqyahlah mereka!” (HR. Muslim)
T : Terapiny seperti apa ya ustadz?
J : Bagaimana cara mengetahui orang yg menyebabkan dampak penyakit 'ain ???
Ada beberapa perkara yang dengannya dapat diketahui orang yg menyebabkan 'ain kepada seseorang :
- Kabar dari orang lain tentang seseorang yang telah berbicara banyak tentangnya tanpa menyebut asma Allah, maka orang ini bisa masuk ke dalam orang-orang yang dicurigai menyebabkan 'ain.
- Segala yang terlintas dalam hati korban, yakni selalu terbayang dengan orang tertentu yang ia kenal, atau terkadang terdapat perasaan yang tidak biasa, tidak nyaman, dan aneh ketika berpapasan atau berdekatan dengan orang tersebut, sering bermimpi dengan orang yang sama dan seakan-akan orang tersebut melemparinya dengan panah atau semacamnya. Maka orang itu juga bisa masuk kriteria orang yang dicurigai bahwa dia yang menyebabkan 'ain kepadanya.
- Tersiar kabar tentang seseorang yang telah memuji dengan berlebihan tanpa menyebut nama Allah, maka orang tersebut juga bisa masuk kriteria orang yang dicurigai.
Apakah ini termasuk su'udzon dan perbuatan dosa? Tentu bukan termasuk su'udzon dalam perkara ini, dan juga bukan termasuk ghibah ketika menyebutkan orang yang memungkinkan untuk dicurigai...
Dalilnya sangat masyhur, yaitu hadits yg diriwayatkan oleh imam Malik, Abu Dawud, dll :
رأى عامر بن ربيعة سهل بن حنيف يغتسل فقال ما رأيت كاليوم ولا جلد مخبأة فلبط سهل فأتي رسول الله صلى الله عليه وسلم فقيل يا رسول الله هل لك في سهل بن حنيف والله ما يرفع رأسه فقال هل تتهمون له أحدا قالوا نتهم عامر بن ربيعة قال فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم عامرا فتغيظ عليه وقال علام يقتل أحدكم أخاه ألا بركت اغتسل له فغسل عامر وجهه ويديه ومرفقيه وركبتيه وأطراف رجليه وداخلة إزاره في قدح ثم صب عليه فراح سهل مع الناس ليس به بأس ) رواه مالك و أبو داود و غيرهما .
Amir bin Rabi'ah memandang ke arah Sahal bin Hunaif, kemudian berkata, "Aku tidak melihat sesuatu seperti hari ini dan tidak pula kulit wanita yg bercadar.."
Tiba-tiba Sahal jatuh pingsan. Lalu dia didatangi Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, kmudian ada yang berkata kepada beliau, "Ya Rasulullah, apa pendapatmu tentang Sahal ??? Demi Allah, dia tidak bisa mengangkat kepalanya..."
Beliau bersabda, "Apakah kalian bisa memperkirakan siapa pelakunya ??" Mereka menjawab, "Kami mengira Amir bin Rabi'ah..."
Beliau pun memanggilnya, lalu marah kepadanya seraya berkata, "Mengapa salah seorang di antara kamu membunuh saudaranya sendiri ?? Maukah kamu memberikan berkah kepadanya? Mandilah dan berikan bekas air mandimu kepadanya.”
Dia kemudian membasuh wajahnya, kedua tangannya, kedua sikunya, ujung kedua kakinya, lalu bagian dalam sarungnya dalam satu wadah, kemudian ketika disiramkan kepadanya Sahal bangun dan sadarkan diri...
APAKAH MUNGKIN pengaruh 'ain timbul dari orang yg menyayangi kita ?
Ya, sangat mungkin pengaruh 'ain berdampak justru dari orang-orang terdekat dan paling sayang terhadap kita.
Karena tidak ada ketentuan dalam 'ain itu timbul hanya karena adanya hasad atau dengki dari orang lain saja. Sebagaimana yang dulu pernah kita bahas bahwasanya 'ain adalah : "Menentukan sifat tertentu yang kemudian membuat setan itu takjub lalu kemudian ia meluncur dan menyakiti orang yang disifatkan"
Maka hal tersebut sangat memungkinkan terjadi dari orang yang sayang kepadanya, syaikh Hazim al-Hamdiy mengisahkan tentang kisah seorang ayah yang menyebabkan dampak 'ain kepada putranya hingga menyebabkan putranya lumpuh..
Ia telah membawanya kesana kemari untuk berobat tapi tak kunjung sembuh, akhirnya setelah dibacakan doa-doa ruqyah kepada anak tersebut, anaknya muncul rasa curiga kepada ayahnya, maka ia pun meminum bekas air yg diminum oleh ayahnya.. Maka ketika itu juga anaknya langsung bisa berdiri...!!!
'Ain jg bisa timbul dari orang-orang yg shaleh, dalil kuat mengenai hal ini adalah kisah Sahal bin Hunaif dan 'Amir bin Rabi'ah di atas, mereka adalah shahabat Rasulillah, mereka jg orang2 yg amat dicintai dan sangat dekat dengan Rasulullah, ridha Allah atas mereka semua... Maka siapakah kita skrng ini dibanding mereka sehingga aman dari dampak pengaruh ain ?
Lalu apa yg harusnya diperbuat setelah kita mengetahui orang yg menyebabkan 'ain ?
Tentunya, kita harus selalu husnudzon kepada orang yang tertuduh bahwa ia tidak bermaksud untuk menyengajakan dampak 'ain tersebut kepada korban. Usahakanlah agar secepatnya bertemu dengan orang yang benar-benar kuat menjurus kepada tuduhan tersebut.Dan lakukan hal-hal berikut :
- Memahamkannya dan meminta agar ia berwudhu atau mandi, kemudian air bekasnya ditampung lalu dimandikan kepada korban.
- Jika merasa segan mengatakannya, usahakan makan dan minum bersama-sama dengan orang yang dicurigai dalam SATU WADAH. Maka sunnah tajamu' itu sangat baik untuk menghindarkan diri dari 'ain.
- Meminum bekas air minum orang yang dicurigai, entah itu teh, kopi, susu, atau yang lainnya.
- Bisa juga dengan meletakkan kain kasa yang basah di tangan orang yang tertuduh, dicelupkan air, diangkat kasanya lalu diminumkan.
- Meletakkan kain pada apa-apa yang selalu disentuh oleh orang yang tertuduh, semacam gagang pintu rumahnya, mobil, dan lain-lain. Ini dilakukan jika memang orangnya benar-benar dengki kepada korban dan tidak memungkinkan untuk ditemui.
Apa yang akan terjadi jika sudah diambil beberapa bekas dari orang yg tertuduh ?
- Mual
- Sakit perut/diare
- Gatal-gatal di seluruh tubuh atau sebagian tubuh
- Tidur amat nyenyak
- Muncul semacam bisul kecil di tubuh
- Bisa bernafas panjang setelah sebelumnya bernafas pendek
- Koma sementara, dan ini dampak dari besarnya 'ain yg berdampak kepadanya, dan setelahnya insya Allah sembuh total
Semoga yg sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dinukil dari penjelasan syaikh Hazim al-Hamidy hafidzahullah.
T : Ustad jika memandang karena kagum kan berarti yang bersangkutan tidak bermaksud kirim ain? danbagaimana bisa dikatakan seseorang itu melempar ain ke kita, tetapi sebenarnya dia sendiri tidak sadar bahwa dia telah melempar ain?
J : Pelempar AIN tidak ada maksud jahat, berbeda dengan SIHIR ada maksud dan tujuan jahat. Sahabat Nabi saja yang dijamin Syurga bisa saling melempar AIN baca kembali hadits-hadist uraian diatas. Apalagi kita. Ain adalah apabila seseorang memiliki rasa kagum atau dengki terhadap seseorang atau sesuatu namun lupa mengingat Allah.
Iya memang terkadang pelempar ain tidak sadar bahwa dirinya menjadi pelempar ain, menjadi penyebab sakit sama seperti kisah tentang AIN diatas yang dialami sahabat nabi SAHL.
T : Ustadz, misal dalam mimpi ketemu Ikhwan beberapa kali, Ikhwan itu sepertinya suka, padahal sudah 10 tahun lebih tidak ketemu, nah itu apa namanya ustadz?
J : Indikasi ainul insi (manusia) namun perkuat kembali dengan ciri-ciri lainnya lalu lakukan terapi ain
T : Ustadz, mau tanya kalau seandainya ada orang yang gemar bermaksiat, dan tidak pernah beribadah, pernah ke dukun juga, kalau dia tidak mau diruqiyah apa bisa meruqiyah orang yang tidak mau diruqiyah atau tidak ada niat untuk berubah, karena jika dibiarkan dia terus bermaksiat ustadz?
J : Dalam hal ini yang bisa dilakukan doakan sepenuh cinta dan Ruqyah air yang untuk minumnya.
T : Apakah anak yang kurus padahal banyak makan bisa juga terkena 'ain? Apakah dengan membacakan dzikir pagi petang bisa untuk mengobati?
J : Coba baca kembali semua uraian diatas adakah ciri-cirinya pada anak antum, jika ada maka lakukan terapi ain.
T : Detail seperti apa ustadz?
J : Diagnosa dengan banyak bertanya diketahui dari ciri-ciri
T : Ustadz, berarti misalnya kita tidak tau siapa yang mneyebabkan ain kepada anak kita, terapinya seperti apa? ruqyah dengan dibacakan dzikir pagi dan petang apakah cukup?
J : Doa ain, Doa utk perlindungan AIN
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta perlindungan untuk Hasan dan Husain, yaitu:
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانِِ وَ هَامَّةِِ وَ مِنْ كُلِّ عَيْنِِ لامَّةِِ
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.” (HR. Bukhari dalam kitab Ahaditsul Anbiya’: 3120)
Baca Al-mulk tiup ke air minum dan mandi.
T : Ustadz, saya sering melihat kejadian yang pernah ada dalam mimpi. Apakah itu termasuk gangguan jin? Syukron ustadz.
J : Apakah orangtua, kakek nenek moyang ada yang memiliki pusaka, keris, jimat atau sakti bisa ngobatin dll sejenisnya?
~ Ada ustadz, kebetulan kakak disuruh ambil pusaka di dalam tanah di Cirebon tapi kakak tidak mau. Kakek juga punya kesaktian tidak bisa ditembak pas jaman Belanda
J : Positif. Baiknya antum diruqyah oleh peruqyah atau datang ke pelatihan QQH Ruqyah Syar'i atau bila mau melakukan ruqyah mandiri silahkan.
Ruqyah Mandiri Tanpa Kesurupan (RMTK). In syaa Allah. Persiapkan beberapa kantong plastik, tissue dan air minum. Utk melakukan praktek ini, lakukan Tahapan berikut ini :
- Dalam kondisi sudah berwudhu, duduk santai nyaman lalu saksikanlah video surah An Nur : 35 yang dibacakan oleh Syeikh Salman Al Utaybi. Ulangi nonton 2 sd 3 kali. Boleh saja dibaca sendiri.
- Istighfar tobati semua kesyirikan, kemaksiatan dari akil baligh hingga saat ini. Bertobatlah dengan sungguh-sungguh, timbulkan rasa penyesalan yang dalam dari semua dosa yang pernah dilakukan. Dosa yang diperbuat oleh tangan, kaki, mata, mulut, hati dan pikiran juga organ tubuh lainnya. Gambarkan secara jelas dalam pikiran kita semua dosa itu lalu istighfarlah bertobat. Maafkan semua orang yang telah menyakiti diri kita.
- Lakukan Ikrar Pemutus.
Bismillahirrohmanirrohim...
Wahai Allah yg Maha Menyaksikan, hamba secara sadar mewakili diri sendiri, kedua orang tua, nenek kakek moyang, keturunan dan seluruh keluarga besar mulai saat ini memutuskan semua perjanjian yang pernah dibuat oleh bangsa jin secara sadar maupun tidak sadar. Ya Allah jika ada jin dalam tubuh hamba maka tariklah keluar dari tubuh hamba dengan cara yang paling lembut, paling mudah tanpa menyakiti diri hamba. Baca syahadat dan takbir 3 kali.
- Ambil air putih di gelas lalu bacakan ayat ruqyah 3 Qul ( al ikhlas, al falaq dan an naas) tiup lalu bacakan innalillahi wa inna ilaihi rojiuun 3 kali tiup ke air. Yakini air ini menjadi obat dan yakini bahwa semuanya datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah.
- Berdoa dengan khusyu posisi tangan berdoa. :
Ya Allah haramkanlah hati dan pikiran hamba dikuasai oleh jin. 3x
Ya Allah haramkanlah darah hamba dimasuki oleh jin. 3x
Ya Allah haramkanlah tangan kaki dan tubuh hamba dikuasai oleh jin. 3x
Ya Allah apabila ada jin dalam tubuh hamba maka lemahkanlah semua kekuatan mereka.
Ya Allah apabila ada jin dalam tubuh hamba tariklah mereka semua keluar dari tubuh hamba dengan cara yang paling lembut dan mudah.
lalu bacakan 3 Qul tiup ke telapak tangan, lalu usapkan ke wajah dan seluruh tubuh. Bila mual maka lakukan usapan dr bawah puser ke dada lalu ke leher dan muntahkan ke plastik sambil ucapkan. Bismillahi Allahu Akbar..
- Jika ada tubuh yang tidak nyaman, atau sakit maka lakukan usap tarik buang ke plastik sambil mengucapkan Bismillahi.. Allahu Akbar.
- Usap-usap dada dan perut sambil berdoa ya Allah apabila ada penyakit fisik , psikis, gangguan jin, sihir dan benda ghoib yang ada di dalam tubuh hamba maka hamba mohon tariklah keluar semuanya dari tubuh hamba dengan cara yang paling lembut dan mudah tanpa menyakiti diri hamba. Lakukan usap tarik buang.
- Jika tergambar wajah seseorang saat melakukan ruqyah mandiri maka ambillah air gelas td lalu celupkan jari telunjuk kanan dan berdoa " ya Allah apabila ada penyakit ain antara saya dengan .....(sebutkan nama wajah yg timbul dlm pikiran) maka hamba mohon putuskanlah penyakit ain ini ulangi 3x tiup lalu minum 7 tegukan. Boleh bbrp tegukan tidak wajib.
- Usap-usap seluruh tubuh sambil membaca Bismillah.. niatkan semua penyakit fisik, psikis, gangguan jin, sihir, benda-benda ghoib semuanya melemah mengecil dan ketarik keluar dari tubuh dari segala arah.
Selamat mencoba kabari hasilnya. Kesembuhan datangnya hanya dr Allah maka marilah kita hijrah dr jahil ke sunnah. Perbaiki diri perbaiki ibadah sesuai sunnah, istiqomah dzikir pagi petang dan dekatilah org org sholeh. Semoga Allah menolong kita semua dr semua gangguan makhluk jahat, dr penyakit dan takdir buruk dan semoga kita semua dapat sembuh dr penyakit. Aamiin Ya Robb.
Tono Esfandiar - 085693380181 ~ Fanpage FB Quantum Quranic Healing Centre
~*~*~*~*~
Rekap G3
T : Ustadz, kalau sudah terkena penyakit medis/kanker itu, dia melakukan kemoterapi, apa bisa di ruqyah untuk ikhtiar penyembuhan nya? Terimakasih.
J : in syaa Allah diagnosa dulu
T : Assalamualaikum Ustadz mau tanya jika dalam satu gang rumah, ratarata yang bermukim disana menderita gangguan kejiwaan dan ada 2 orang yang sampai bunuh diri. Apa itu karena gangguan jin juga? Akhirnya membuat orang yang mau tinggal disana tidak pas hatinya, menurut ustadz bagaimana? dan bagaimana solusinya?
J : Wa'alaikumussalam.. bisa saja gangguan jin. Perlu diagnosa.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :
🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
🔊 dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
[In Syaaa ALlaah] إِنْ شَاءَ الله
kebersamaan ini bermanfaat dan barokah.
أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP
DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.
======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment