Home » , » Bahasa Arab Oleh Ustadz Sudirman Furqon (Pertanyaan)

Bahasa Arab Oleh Ustadz Sudirman Furqon (Pertanyaan)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, July 5, 2014

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 04 Ummi)

Hari / Tanggal : Jum'at, 4 Juli 2014
Narasumber : Ustadz Sudirman Furqon
Tema : Bahasa Arab
Notulen : Siti Asrofah

Kali ini kita mempelajari percakapan tentang pertanyaan mata (kapan), aina (dimana), maadza (apa), dan hal (apakah)


 الحِوَار (percakapan)لِلرَجُل (untuk laki-laki)

طَارِقٌ : مَتَى (kapan) تَسْتَيْقِظُ (kamu bangun) ؟

طَاهِرٌ : أَسْتَيْقِظُ(saya bangun) عِنْدَ الفَجْر (ketika fajar)

طارق : أَيْنَ(dimana) تُصَلِّي(kamu solat) الفجر ؟

طاهر : أُصَلِّي (sy solat) الفجر فِيْ(di) المسجد

طارق : هَلْ (apakah) تَنَامُ (kamu tidur) بَعْدَ (setelah) الصلاة ؟ (shalat)

طاهر : لا (tidak), لا أَنَامُ (saya tidak tidur) بعد الصلاة

طارق : مَاذَا تَفْعَلُ (apa yang kamu lakukan) بعد الصلاة ؟

طاهر : أَقْرَأُ (saya membaca) القراَن

طارق : ومتى تَذْهَبُ (kamu pergi) إِلَى (ke) المَدْرَسَة (sekolah) ؟

طاهر : أَذْهَبُ (saya pergi) السَاعَةَ السَابِعَة (jam 7)

طارق : هل تذهب بِالسَيَّارَة (dengan mobil) ؟

طاهر : لا, أَذْهَبُ بِالحَافِلَة (dengan bis)

Al hiwaar (percakapan)
thooriq : mata tastaiqizhu? (kapan kamu bangun)
thoohir : astaiqizhu 'indal fajr (saya bangun ketika fajar)
thooriq : aina tusholli al fajr ? (dimana kamu sholat fajar)
thoohir : usholli al fajr fiil masjid (saya solat fajar di masjid)
thooriq : hal tanaamu ba'das sholaah? (apakah kamu tidur setelah solat)
thoohir :laa, laa anaamu ba'das sholaah (tidak, saya tidak tidur setelah solat)
thooriq : maadza taf'alu ba'das sholaah ? (apa yang kamu lakukan setelah solat)
thoohir : aqro'ul qur'aan (saya baca al qur'an)
thooriq : wa mata tadzhabu ilal madrosah ? (dan kapan kamu pergi ke sekolah)
thoohir : adzhabus saa'atas saabi'ah (saya pergi jam 7)
thooriq : hal tadzhabu bis sayyaaroh ? (apakah kamu pergi dengan mobil)
thoohir : laa, adzhabu bil haafilah (tidak, saya pergi dengan bis)

Tanbiih (catatan) :
Dalam hiwaar ini ada lima fi'il (kata kerja) diantaranya :

ِ1. تَسْتَيْقِظُ (kamu bangun untuk laki-laki)» تَسْتَيْقِظِيْنَ kalau untuk perempuan

2. تَنَامُ (kamu tidur)» تَنَامِيْنَ kalau untuk perempuan

3. تَفْعَلُ (kamu lakukan) » تَفْعَلِيْنَ untuk perempuan

4. أَقْرَأُ (saya baca) » تَقْرَأُ (kamu baca untuk laki-laki) تَقْرَإِيْنَ ُkamu baca perempuan

5. أَذْهَبُ (saya pergi)» تَذْهَبُ kamu pergi laki-laki » تَذْهَبِيْنَ kamu pergi perempuan

  • Hal Qoro'tunnah ? (apakah kalian sudah baca)
  • qara'tu ya ustadz

Kita coba praktekkan hiwaar diatas..
ba'da ash sholah, qara'tul Quran al qarim
Laa

Thoyyib,, sekarang coba balik tanya tapi tentunya pakai dhomiir laki-laki yaa..
  • mata tastaiqizhu ya ustadz? wa madza taf'al ba'da dzalik?
  • Astaiqizhu 'indal fajr .. Tsumma ba'da dzaalik (kemudian setelah itu) Aqro'ul qur'aan (sy membaca qur'an)
  • Kholaas (sudah) Bu mirzah... Ahsantunna jamii'an. Jadi sudah paham yaa..
  • ya umm nuni madza taf'alina al aan? (wahai Bu nuni apa yang kamu lakukan sekarang)
  • Ana astami' (saya sedang nyimak)
  • Na'am shohiih Bu nunie... Ana anaamu fiil lail (saya tidur di malam hari)
Praktik percakapan
Thoyyib,, kita coba praktekkan hiwaarnya yaa...
siap ust..
 Mata tastaiqizhiina yaa Bu yani ?
 Jawabnya dengan melihat hiwaar diatas yaa..
 astaiqizhu fis saa'ati
 astaiqizhu'ibdak fajr ya akhi
Waduhh,, idzan hal sollaiti al fajr? (Jadi apakah kamu solat fajr/subuh)
Ahsanti Bu dewi...
na'am, usholli sholaatal fajri.
 ahsanti apa ya..dah lupa lagi..
 afwan ...harusnya ga pake sholaatal lagi ya ust..
Ahsanti (yg anda lakukan bagus/tepat)
 na'am. ushollil fajri.
 Na'am ,, lebih baiknya langsung Bu yani..

Intahal waqtu (waktu sudah selesai)... Naktafii bihaadzal qodr (kita cukupkn sampai disini).. Wassalaamu'alykum warohmatullah wabarokaatuh...
Semoga Bermanfaat


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!