Home » , » Keutamaan Ta'awun Sesama Muslim

Keutamaan Ta'awun Sesama Muslim

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, January 3, 2020


Rekap Kajian Online  Hamba اللَّهِ SWT Ummi G1
Hari, Tgl: Kamis, 18 April 2019 
Materi: Keutamaan Ta'awun sesama muslim
Nara Sumber: Ustadzah Tribuwhana
Waktu Kajian: 08.00-10.00 WIB
Notulen: Bunda Meita
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Manusia pada hakekatnya makhluk sosial, saling membutuhkan untuk memenuhi keperluannya dan meningkatkan taraf hidupnya. Fitrah inilah yang ditegaskan oleh Islam. Islam memerintah kan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan manfaat.

Lebih lagi terhadap sesama umat muslim. Bahkan Islam mengibaratkan persaudaraan dan pertalian sesama muslim itu seperti satu bangunan, di mana struktur dan unsur bangunan itu saling membutuhkan dan melengkapi, sehingga menjadi sebuah bangunan yang kokoh, kuat dan bermanfaat lebih.

📖Rasulullah Saw. bersabda:

Dari Abu Musa Al Asy’ari ra. dari Nabi Muhammad Saw bersabda:

Orang mukmin itu bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Kemudian Nabi Muhammad Saw menggabungkan jari-jari tangannya. Ketika itu Nabi Muhammad Saw duduk, tiba-tiba datang seorang lelaki meminta bantuan. Nabi hadapkan wajahnya kepada kami dan bersabda: Tolonglah dia, maka kamu akan mendapatkan pahala. Dan Allah Swt menetapkan lewat lisan Nabi-Nya apa yang dikehendaki.” Imam Bukhari, Muslim, dan An Nasa’i.


🗣Qadhi Iyadh berkata: Tidak ada pengecualian dari ruang pertolongan yang dianjurkan kecuali dalam masalah had atau pidana yang telah Allah Swt tetapkan. Maka dalam masalah yang tidak ada ketentuan had terutama bagi orang yang tidak sengaja melakukan kesalahan serta dikenal sebagai orang bersih, pertolongan sangat dianjurkan.  Selanjutnya ia mengatakan: Adapun bagi orang yang terbiasa dengan tindakan destruktif, terkenal sebagai ahlul bathil maka tidak berlaku syafaat bagi mereka, agar dapat menjadi pencegah kemaksiatannya.

📝Ungkapan Iyadh ini didukung oleh riwayat Imam Bukhari dan Muslim dalam kitab shahihnya dari Aisyah ra.

Bahwa suku Quraisy disibukkan oleh seorang wanita dari Bani Mahzum yang mencuri pada masa Rasulullah Saw. Lalu mereka mencari siapa yang bisa berbicara dengan Rasulullah Saw. Maka Usamah menyampaikan hal ini kepada Rasulullah Saw. Rasulullah Saw bersabda: Apakah kamu hendak memberi pertolongan dalam hukum pidana Allah Swt? Kemudian Rasulullah Saw berdiri dan berkhutbah: “Sesungguhnya hancurnya umat sebelum kalian adalah bahwa mereka itu jika ada orang mulia yang mencuri mereka biarkan, dan jika ada orang yang lemah mencuri mereka tegakkan hukum pidana. Demi Allah, jika Fatimah binti Muhammad mencuri maka akan aku potong tangannya.”

📚 Dari hadits ini dapat diambil pelajaran, di antaranya:

🏻1. Keutamaan tolong menolong antara sesama mukmin, saling menguatkan satu dengan yang lain dengan pertolongan pada hal-hal yang berguna dan bermanfaat.

🏻2. Anjuran kepada kebaikan dengan dikerjakan langsung, atau memfasilitasinya. Rasulullah Saw menganjurkan syafaat atau memfasilitasi orang lain untuk berbuat baik.

🏻3. Syafaat ditujukan kepada pembesar atau pembuat kebijakan untuk menghilangkan kesulitan, memberi manfaat dan membantu yang lemah. Sebab tidak semua orang dapat berkomunikasi dengannya, dan mampu mendesaknya, atau menjelaskan keinginannya. Pernah ada orang yang meminta syafaat atau pertolongan kepada Rasaulullah Saw. padahal beliau tidak pernah menolak seorangpun- namun beliau menawarkan kepada para sahabatnya untuk membantu orang tersebut.

🤝Sikap tolong menolong adalah ciri khas umat muslim sejak masa Rasulullah Saw. Pada masa itu tak ada seorang muslim pun membiarkan muslim yang lainnya kesusahan, hal ini tergambar jelas ketika terjadinya hijrah umat muslim Mekkah ke Madinah, kita tahu bahwa kaum ansor atau Muslim Madinah menerima dengan baik kedatangan mereka yang seiman dengan sambutan yang meriah, kemudian mempersilahkan segalanya bagi para muhajirin.

Hal ini juga banyak ditegaskan dalam al-Qur’an,

📖Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan  shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah Swt dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah Swt , sesungguhnya Allah Swt Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana..

Ayat tersebut menerangkan bahwa setiap muslim adalah sama di mata Allah Swt kecuali karena perbuatan mereka dan keimanan mereka.

💌 Ayat Yang Menerangkan Tolong Menolong (Ta’awun) Dalam Kebaikan

📖 al-Maidah Ayat 2

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah Swt, sesungguhnya Allah Swt amat berat siksa-Nya.

🔷 Sebab Turunnya Ayat

Menurut Zaid bin Aslam menuturkn, bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Rasulullah Saw dan para sahabat saat berada di Hudaibiyyah, yang di halangi orang-orang musyrikin untuk sampai ke Baitullah, keadaan ini membuat sahabat marah, suatu ketika, dari arah timur, beberapa orang musyrikin yang akan umrah berjalan melintasi mereka. Para sahabat pun berkata, bagimana jika kita juga menghalangi mereka, sebagaimana kita pernah di halang-halangi.

🔷 Penjelasan Ayat

🔸Makna al-birru dan at-taqwa. Dua kata ini, memiliki hubungan yang sangat erat.Karena masing-masing menjadi bagian dari yang lainnya.

🔸Secara sederhana, al-birru bermakna kebaikan. Kebaikan dalam hal ini adalah kebaikan yang menyeluruh, mencakup segala macam dan ragamnya yang telah dipaparkan oleh syariat.

Al-Birru adalah satu kata bagi seluruh jenis kebaikan dan kesempurnaan yang dituntut dari seorang hamba. Lawan katanya al-itsmu (dosa) yang maknanya adalah satu ungkapan yang mencakup segala bentuk kejelekan dan aib yang menjadi sebab seorang hamba sangat dicela apabila melakukannya”.(Imam Ibnul Qayyim)

Sahabat rahimakumullah


Allah Swt mengajak untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dengan beriringan ketakwaan kepada-Nya. Sebab dalam ketakwaan, terkandung ridha Allah Swt. Sementara saat berbuat baik, orang-orang akan menyukai. Barang siapa memadukan antara ridha Allah Swt dan ridha manusia, sungguh kebahagiaannya telah sempurna dan kenikmatan baginya sudah melimpah.

Allah Swt memerintahkan hamba-hamba-Nya yang mukmin agar saling berta’awun di dalam aktivitas kebaikan yang mana hal ini merupakan al-Birr, kebajikan) dan agar meninggalkan kemungkaran yang mana hal ini merupakan at-Taqwa. Allah Swt melarang mereka dari saling bahu membahu di dalam kebatilan dan tolong menolong di dalam perbuatan dosa dan keharaman.”( Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam Tafsir Al-Qur’anil Azhim)

Sebagai contoh sikap saling menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Diriwayatkan dari Musadad, diriwayatkan dari  Mu’tamar, dari Anas. Anas berkata: Rasulullah bersabda: Bantulah saudaramu, baik dalam keadaan sedang berbuat zhalim atau sedang teraniaya. Anas berkata: Wahai Rasulullah, kami akan menolong orang yang teraniaya. Bagaimana menolong orang yang sedang berbuat zhalim?” Beliau menjawab: “Dengan menghalanginya melakukan kezhaliman. Itulah bentuk bantuanmu kepadanya.

🤝Orang berilmu membantu orang lain dengan ilmunya. Orang kaya membantu dengan kekayaannya. Dan hendaknya kaum Muslimin menjadi satu tangan dalam membantu orang yang membutuhkan. Jadi, seorang Mukmin setelah mengerjakan suatu amal shalih, berkewajiban membantu orang lain dengan ucapan atau tindakan yang memacu semangat orang lain untuk beramal.

🤝Hubungan kedua, antara seorang hamba dengan Rabb-Nya tertuang dalam perintah ‘Dan bertakwalah kamu kepada Allah Swt. Dalam hubungan ini, seorang hamba harus lebih mengutamakan ketaatan kepada Rabbnya dan menjauhi perbuatan untuk yang menentangnya.

🤝Kewajiban pertama (antara seorang hamba dengan sesama) akan tercapai dengan mencurahkan nasehat, perbuatan baik dan perhatian terhadap perkara ini. Dan kewajiban kedua (antara seorang hamba dengan Rabbnya), akan terwujud melalui menjalankan hak tersebut dengan ikhlas, cinta dan penuh pengabdian kepada-Nya.

Hendaknya ini dipahami bahwa sebab kepincangan yang terjadi pada seorang hamba dalam menjalankan dua hak ini, hanya muncul ketika dia tidak memperhatikannya, baik secara pemahaman maupun pengamalan.

💌 Hikmah Tolong Menolong (Ta’awun) Dalam Kebaikan

👉🏼1.    Dapat lebih mempererat tali persaudaraan

👉🏼2.    Menciptakan hidup yang tentram dan harmonis

👉🏼3.    Menumbuhkan rasa gotong-royong antar sesama

Tolong menolong (Ta’awun) dalam al-Qur’an disebut beberapa kali diantaranya yaitu 5:2, 8:27.

🌱Allah Swt mengajak untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dengan beriringan ketakwaan kepada-Nya. Sebab dalam ketakwaan, terkandung ridha Allah Swt. Sementara saat berbuat baik, orang-orang akan menyukai.

🌱Barang siapa memadukan antara ridha Allah Swt dan ridha manusia, sungguh kebahagiaannya telah sempurna dan kenikmatan baginya sudah melimpah, dalam hal saling tolong-menolong dan saling waris-mewarisi, maka tidak ada saling waris-mewarisi antara kalian dan mereka. (Jika kalian tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah Swt itu).

Wallahu a'lam

#############
TANYA JAWAB

1. Ustadzah bertanya, sebentar lagi ramadhan, biasanya d lingkungan saya mengadakan 'megengan', bagaimana sebaiknya sikap saya, membantu kegiatan tersebut dalam rangka taawun atau menghindar saja?
Jawab:
Membantu saja dengan tujuan silaturahim dan ta'awun kepada tetangga


2 Bertanya ustadzah,bagaimana caranya bisa ikhlas dalam membantu orang yang suka bikin kesel, jadi dalam hati saya kasihan kalau tidak dibantu, tapi kalau inget sikapnya yang sering jengkel, kadang ngedumel sendiri, apa itu namanya tidak ikhlas ya?
Jawab:
Diluruskan dulu niatnya bunda, lillahi ta'ala, sehingga apapun perlakuannya bunda tidak peduli. Memang tidak mudah, tapi ya harus dimulai dari sekarang. Daripada bunda menyimpan rasa mending di-plong-in, hati kita lebih tenteram, dan tidak pusing dengan tingkah laku orang lain. Cukuplah penilaian Allah bagi kita, kita tidak bisa memuaskan semua manusia, yang penting kita tidak menyakiti orang lain. Jika perlakuan orang lain buruk kepada kita, itu urusan dia dengan Allah, hidup dibikin simpel saja bunda.


3. Izin bertanya ustadzah. Tentang makna ta'awun yaitu saling tolong menolong dalam kebaikan. Gimana ya, kalau ada orang yang butuh bantuan kita dalam bentuk uang, tapi kita tahu uang itu untuk melunasi utang di bank yang jelas-jelas itu riba. Gimana sebaiknya sikap kita ustadzah, kadang saya suka bimbang?
Jawab:
jika tidak sreg ya jangan dikasih bunda, bunda beri penjelasan sederhana saja, misal uangnya buat keperluan yang lain.


4. Melanjuti pertanyaan no. 3 ustadzah, apakah kita dosa jika berbohong pada seseorang yang ingin berhutang tetapi bukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga untuk hal lain, dan masih mempunyai juga hutang dengan kita?
Jawab:
Berbohong untuk kebaikan tidak apa-apa. Maksud kita kan agar orang tersebut tidak berat melunasi hutangnya kelak.


5. Ustadzah izin bertanya, bagaimana kalau ada seorang laki laki bertemu dengan sahabat-sahabat perempuannya untuk menjalin silaturahmi? walaupun ada ikhtilat, tapi niatnya untuk silaturahmi, itu bagaimana ya?
Jawab:
Kalau bisa tidak berdua-duaan dan tidak ada kemaksiatan dalam pertemuan tersebut, boleh saja reuni tapi jangan jadi ajang clbk.


•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan istighfar....hamdalah..
Astaghfirullahal’adzim..... Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


★★★★★★★★★★★★★★
Badan Pengurus Harian (BPH) Pusat
Hamba اللَّهِ SWT
Blog: http://kajianonline-hambaallah.blogspot.com
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official




Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. If you're looking to burn fat then you have to try this totally brand new custom keto meal plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and professional chefs have joined together to produce keto meal plans that are useful, decent, price-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in 2019, thousands of people have already transformed their figure and health with the benefits a professional keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto meal plan.

    ReplyDelete

Ketik Materi yang anda cari !!