Kajian Online WA Hamba الله
SWT
Selasa, 26 Januari 2016
Narasumber : Ustadz
Robin & Ustadzah Evi
Rekapan Grup Nanda M104 (Rini) & M110(Rani)
Tema : Syakhsiyah Islamiyah
Editor
: Rini Ismayanti
AT-THORIQ
ILA MAKRIFATULLAH
Objektif
1. Memahami bahawa
jalan mengenal Allah adalah melalui ayat-ayatNya.
2. Memahami pendekatan Islam dan non Islam terhadap ayat-ayat Allah.
3. Mengikuti sifat mukminin dalam pengenalan terhadap Allah dan menjauhi sikap orang-orang kafir.
2. Memahami pendekatan Islam dan non Islam terhadap ayat-ayat Allah.
3. Mengikuti sifat mukminin dalam pengenalan terhadap Allah dan menjauhi sikap orang-orang kafir.
Apabila kita ingin
mencapai sesuatu sasaran, pastinya kita mesti tahu apakah dan bagaimanakah
jalan yang akan menyampaikan kita kepada sasaran itu. Begitu juga dengan
sasaran untuk mengenal Allah bukan sembarangan cara boleh digunakan karena
jalan yang tidak betul akan membawa kepada pengenalan yang salah. Jalan menuju
kepada makrifatullah adalah menerusi ayat-ayat yang terang dan jelas sebagai
satu pernyataan dari Allah (ayat qauliyah). Ayat ini adalah
pernyataan-pernyataan pengenalan yang difirmankan oleh Allah sendiri di dalam
Al-Quran. Selain itu, ada juga ayat-ayat kauniyah yang menjadi bahan
berfikir manusia terhadap kejadian alam yang begitu unik ini. Dari dua
jalan ini Islam mengajak manusia menggunakan akan dan juga naql untuk menuju
makrifatullah. Kedua-dua metod ini akan melahirkan keyakinan, langsung
mencetuskan pembenaran (tasdiq) dalam hati kecil manusia yang akhirnya
membuahkan keimanan yang mantap terhadap Allah SWT.
Selain metod ini, ada
juga manusia yang menggunakan metod duga-dugaan dan hawa nafsu untuk mengenal
Allah. Paling pasti adalah mereka tidak akan bertemu sasarannya yang
sebenar malah dia boleh dipermainkan oleh syaitan seperti yang berlaku kepada
penganut hindu, budha dan lain-lain lagi yang menggambarkan tuhan ini mengikut
apa yang mereka khayalkan. Metod ini akan berakhir dengan kekufuran.
Jalan Menuju Pengenalan Terhadap Allah SWT.
Allah SWT tidak
menampilkan kewujudan Zatnya Yang Maha Hebat di hadapan mahluk-mahluknya secara
langsung dan dapat dilihat seperti kita melihat sesama mahluk bahkan selagi
kita boleh nampak dengan mata kepala kita, maka itu bukanlah tuhan. Allah
juga menganjurkan kepada manusia menerusi Nabi SAW supaya berfikirlah pada
mahluk-mahluk Allah tetapi jangan sekali anda berfikir tentang zat Allah.
Mahluk-mahluk yang menjadi tanda kebesaran dan keagungan Allah inilah yang
disarankan di dalam banyak ayat Al-Quran agar menjadi bahan berfikir tentang
kebesaran Allah.
Ayat Qauliyah.
Ayat-ayat qauliyah
adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran.
Ayat-ayat ini boleh menyentuh pelbagai aspek termasuklah jalan-jalan kepada
makrifatullah.
Dalil :
Q.95:1-5, Allah mengajak kita berfikir tentang kejadian mahluknya termasuk buah-buahan, bukit-bukit bahkan diri manusia itu sendiri sehingga akhirnya manusia dapat menyimpulkan satu keyakinan bahawa penciptanya adalah Allah.
Q.95:1-5, Allah mengajak kita berfikir tentang kejadian mahluknya termasuk buah-buahan, bukit-bukit bahkan diri manusia itu sendiri sehingga akhirnya manusia dapat menyimpulkan satu keyakinan bahawa penciptanya adalah Allah.
Ayat Kauniyah.
Ayat Kauniah adalah
ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah.
Ayat-ayat ini adalah dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan sebagainya
yang ada di dalam alam ini. Oleh karena alam ini hanya mampu dilaksanakan
oleh Allah dengan segala sistem dan peraturanNya yang unik, maka ia
menjadi tanda kehebatan dan keagungan Penciptanya.
Dalil :
Q.41:53, Allah menjelaskan bahawa Dia akan tunjukkan ayat-ayat kauniyahNya di ufuq dan juga pada diri manusia sendiri sehingga menjadi terang dan jelas akan kekuasaan Allah.
Q.3:190, Pada kejadian langit dan bumi serta pertukaran siang dan malam juga adalah ayat kauniyah kepada kekuasaan Allah bagi sesiapa yang berakal.
Q.41:53, Allah menjelaskan bahawa Dia akan tunjukkan ayat-ayat kauniyahNya di ufuq dan juga pada diri manusia sendiri sehingga menjadi terang dan jelas akan kekuasaan Allah.
Q.3:190, Pada kejadian langit dan bumi serta pertukaran siang dan malam juga adalah ayat kauniyah kepada kekuasaan Allah bagi sesiapa yang berakal.
Metod Islam Dengan Naqli dan Akal.
Islam menghargai nilai
akal yang dimiliki manusia karena dengan sarana akal ini manusia mampu berfikir
dan memilih antara yang benar atau salah. Walau bagaimanapun, dengan akal
semata-mata tanpa panduan dari Pencipta akal pencapai pemikiran cukup terbatas.
Apa lagi jika dicampurkan dengan anasir hawa nafsu dan zhan. Gabungan
antara kemampuan akan dan panduan dari Penciptanya akan menghasilkan pengenalan
yang tepat dan mantap terhadap Allah SWT menjadi satu kesalahan apabila manusia
tidak menggunakan akalnya untuk berfikir.
Dalil :
Q.10:100-101, Tiadalah seseorang itu beriman melainkan dengan izin Allah. Dia menjadikan siksaan atas orang-orang yang tidak berfikir. Katakanlah, perhatikanlah apa-apa yang dilangit dan di bumi. Tetapi tidak bermanfaat keterangan dan peringatan bagi kaum yang tidak beriman.
Q.65:10, Ancaman Allah dengan siksaan bagi mereka yang berakal tapi tidak berfikir.
Q.67:10, Penyesalan yang pasti bagi mereka yang tidak berfikir.
Q.10:100-101, Tiadalah seseorang itu beriman melainkan dengan izin Allah. Dia menjadikan siksaan atas orang-orang yang tidak berfikir. Katakanlah, perhatikanlah apa-apa yang dilangit dan di bumi. Tetapi tidak bermanfaat keterangan dan peringatan bagi kaum yang tidak beriman.
Q.65:10, Ancaman Allah dengan siksaan bagi mereka yang berakal tapi tidak berfikir.
Q.67:10, Penyesalan yang pasti bagi mereka yang tidak berfikir.
Tasdiq (membenarkan).
Hasil dari berfikir
dan meneliti secara terus menurut pedoman-pedoman yang sewajarnya, akan
mencetuskan rasa kebenaran, kehebatan dan keagungan Allah. Boleh jadi ia
berbetulan dengan firman Allah 53:11 (Tiadalah hatinya mendustakan
(mengingkari) apa-apa yang dilihatnya). Hati mula membenarkan dan akur
kepada kebujaksanaan Tuhan.
Dalil :
Q.3:191, Orang-orang yang mengingat Allah setiap ketika akan terungkap pada lisannya ucapan Maha Suci Engkau ya Allah.
Q.50:37, Yang demikian itu menjadi peringatan bagi orang yang mempunyai hati atau mendengarkan sedang hatinya hadir.
Q.3:191, Orang-orang yang mengingat Allah setiap ketika akan terungkap pada lisannya ucapan Maha Suci Engkau ya Allah.
Q.50:37, Yang demikian itu menjadi peringatan bagi orang yang mempunyai hati atau mendengarkan sedang hatinya hadir.
Menghasilkan Iman.
Metod pengenalan
kepada Allah yang dibawa oleh Islam ini cukup efektif secara berurutan sehingga
akhirnya menghasilkan keimanan sejati kepada Allah azzawajalla.
Metod Selain Islam.
Pemikiran berkenaan
theologi dan ketuhanan banyak juga dibawa oleh pemikir-pemikir dari serata
dunia tetapi tidak berlandaskan kepada metod yang sebenarnya.
Kebanyakannya berlandaskan duga-dugaan, sangka-sangkaan dan hawa nafsu.
Pastinya metod cacamerba ini tidak akan sampai kepada natijah yang sebenar
karena bayang-bayang khayalan tetap menghantui pemikiran mereka. Ada
tuhan angin, tuhan api, tuhan air yang berasingan dengan rupa-rupa yang berbeda
seperti yang digambarkan oleh Hindu, Budha dan seumpamanya.
Dugaan dan Hawa Nafsu.
Dua unsur utama dalam
metod mengenal tuhan yang tidak berlandaskan disiplin yang sebenar adalah
sangka-sangkaan dan juga hawa nafsu. Campur tangan dua unsur ini sangat
tidak mungkin untuk mencapai natijah yang tepat dan sahih.
Dalil :
Q.2:55, Kaum nabi Musa mengambil anak lembu sebagai tuhan dan cabar untuk tidak beriman dengan Musa kecuali setelah melihat Allah secara terang, lalu mereka disambar oleh halilintar.
Q.10:36, Kebanyakan mereka tidak mengikut kecuali duga-dugaan semata-mata. Sesungguh nya dugaan itu tidak cukup untuk mendapat kebenaran sedikitpun.
Q.6:115, Telah tamatlah kalimah Tuhanmu dengan kebenaran dan keadilan.
Q.2:55, Kaum nabi Musa mengambil anak lembu sebagai tuhan dan cabar untuk tidak beriman dengan Musa kecuali setelah melihat Allah secara terang, lalu mereka disambar oleh halilintar.
Q.10:36, Kebanyakan mereka tidak mengikut kecuali duga-dugaan semata-mata. Sesungguh nya dugaan itu tidak cukup untuk mendapat kebenaran sedikitpun.
Q.6:115, Telah tamatlah kalimah Tuhanmu dengan kebenaran dan keadilan.
Ragu-Ragu.
Apabila jalan yang
dilalui tidak jelas dan tidak tepat, maka hasil yang didapati juga sangat tidak
meyakinkan. Mungkin ada hasil yang didapati, tetapi bukan hasil yang
sebenarnya. Bagaimanakah kita ingin mengenal Allah tetapi kaedah
pengenalan yang kita gunakan tidak menurut neraca dan panduan yang telah
ditetapkan oleh Allah. Kadangkala sayyidina Umar tersenyum sendirian
mengenangkan kebodohannya menyembah patung yang dibuatnya sendiri dari gandum
sewaktu jahiliyah, apabila terasa lapar dimakannya pujaan itu.
Dalil :
Q.22:55, Orang-orang kafir senantiasa dalam keraguan.
Q.24:50, Apakah ada dalam hati mereka penyakit, atau mereka masih ragu-ragu atau takut.
Q.22:55, Orang-orang kafir senantiasa dalam keraguan.
Q.24:50, Apakah ada dalam hati mereka penyakit, atau mereka masih ragu-ragu atau takut.
Berakibat Kufur.
Semua metod pengenalan
yang tidak berasaskan cara yang dianjurkan oleh Islam iaitu menerusi aqli dan
naqli akan menemui jalan serabut iaitu kekufuran terhadap Allah SWT.
Wallahu a'lam
TANYA JAWAB
M104
Q : Tanya ustadz No.2 memahami pendekatan "non islam" terhadap ayat-ayat Allah, maksudx gimana?
A : Metode non islam maksudnya dengan dugaan, hawa nafsu
di mana metode-metode tsb akan sulit membawa seseorang untuk memahami ayat-ayat Allah
Q : Assalamualaikum
ustad.. saya mau tanya diluar topik boleh ya.. kalo ambil pinjaman kredit untuk
usaha dibank konvensional itu hukumnya gimana ya.. termasuk riba tidak? Krn
rencana saya mau ambil di bank konvensional untuk pinjaman non agunan.. karena
sudah ke bank syariah mensyaratkan menggunakan agunan.. syukron ustad sebelumnyaa
A: Bank konvensional hukumnya riba. solusinya bank syariah. Sebagai muslim kita sebaiknya berusaha menyesuaikan keinginan kita dengan syariat. Harta halal yang didpat dengan sulit, lebih baik daripada riba yang didapat dengan mudah.
A: Bank konvensional hukumnya riba. solusinya bank syariah. Sebagai muslim kita sebaiknya berusaha menyesuaikan keinginan kita dengan syariat. Harta halal yang didpat dengan sulit, lebih baik daripada riba yang didapat dengan mudah.
M110
Q : Bunda, yang
dikatakan dengan kufur nikmat itu seperti apa ya?
A : Kufur nikmat artinya mengingkari
nikmat yang kita terima adalah karunia Allah SWT. Merasa bahwa semua yang ia
dapatkan adalah hasil kerjanya sehingga ia menjadi sombong dan takhabur. Hingga
lupa untuk bersyukur baik secara lisan dengan mengucapkan tahmid atau
memperbanyak ibadah seperti sholat, zakat dan shodaqoh. Contohnya kisah Qarun ya
nanda.
Q : Bunda bagaimana
kalau ada orang yang masih ragu-ragu akan adanya Allah, apa bisa disebut kafir?
Misalnya dia percaya Allah ada, tapi ketika ada yang bertanya kalau Allah ada
buktinya apa dan dia tidak bisa menjawab maka dia pun jadi ikut ragu..
A : Nanda sayang
keraguan seperti itu tanda lemahnya iman. Tidak lantas dia disebut kafir. Orang
yang murtad atau kafir manakala ia telah jelas membuat kesaksian keluar dari
agama Islam dan mengimani selain Allah. Keraguan timbul karena kebodohan atau tidak
memahami agama. Oleh karenaya kita harus terus belajar. Karena ilmu itu ibarat
cahaya bagi orang yang beriman.
Q : Bunda, terkait
masalah kafir nih. Ada temen yang nenek nya mualaf, anaknya memang sholat
puasa, tapi si nenek ini kalo melihat anak & cucunya sholat jamaah, puasa &
berbusana islami bawaannya ngomel aja. Islamnya hanya sebatas saat mengucap dua
kaliamah syahadat, apakah nenek ini bisa dikatakan muslim? Atau hanya sekedar
ikut-ikutan atau gimana ya Bun?
A : Ketika
seseorang telah menyatakan keIslamannya dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat.
Dia telah dinyatakan sebagai seorang muslim. Walau dalam kesehariannya ternyata
dia tidak melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim seperti sholat sebagainya.
Selama ia tetap meyakini Allah sebagai Rabnya ia tetap seorang muslim. Terhadap
kewajiban yang dilalaikan akan menjadi hisabnya di yaumil akhir.
Q : Bunda,,kalo
kita percaya dan melakukan amalan yang di anjurkan oleh kiai apakah itu di
bilang syirik bunda,,misal mengikuti pantangan yang di kasih kiai dan mandi
pake air masjid,dan percaya dengan doa-doa kiai,,itu gimana bunda syirik tidak
bunda ?
A : Nanda Ratih yang sholihah. Bagi kita
seorang muslim apa yang kita lakukan harus sesuai dengan syariat. Apalagi jika
itu menyangkut amal ibadah kaifiyat atau tata cara tidak boleh bertentangan dengan
Al Quran dan As Sunnah. Jadi jika ada orang (kiai). Yang menyuruh melakukan
hal-hal yang tidak ada dasarnya dalam agama hal tsb tidak boleh kita ikuti karena
bisa menjeruskan kepada syirik. Misal meyakini air masjid memiliki khasiat.
Sebaik-baik tempat meminta adalah Allah. Jika kita punya masalah dalam hal
apapun jangan tinggalkan sholat malam. Memohonlah kepada Nya lewat sujud kita.
Q : Ada juga bunda
sering mendengar pernyataan kalo ga sholat 5 waktu dikatakan kafir bunda,, karna
ada temen tidak pernah melaksanakan sholat fardu dan sholat jum'at. Karena dia
berfikir kalo sholat harus benar-benar merasakan nikmatnya dari hati yang di
rasakan bukan hanya sekedar takut sama Allah,,tapi dia belum merasakan
nikmatnya sampe sekarang bunda
A : Nanda tadi sudah Bunda sampaikan kita
tidak dapat menyatakan seseorang kafir manakal ia masih meyakini Allah sebagai
Rabnya. Walau ia tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Mendapatkan
nikmatnya sholat tidak bisa dengan sim salabim. Semua butuh proses. Dimulai dengan
menjadikan sholat itu sebagai sebuah pembiasaan karena sebagai kewajiban hingga
akhirnya kita memahami bahwa sholat adalah sebuah kebutuhan bagi seorang insan
hingga timbul rasa nikmat dalam ibadah tersebut.
Alhamdulillah, kajian
kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan
bermanfaat. Aamiin....
Segala yang benar dari
Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita
tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul
majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma
wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya
Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah
melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment