Kajian
Online Link HA Ummi G1, G2 & G3
Hari/Tgl:
Kamis, 25 Oktober 2018
Tempat:
Room G3
Waktu
Kajian: 19.15 - 21.00 WIB
Narasumber:
Ustadz Dodi El Jundi
Materi:
Keutamaan Wanita Gemuk
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Imam
Ahmad bin Hanbal lebih memilih wanita yang gemuk.
Imam
Ibnul Jauzi menyebutkan di dalam kitab Manaqib Imam Ahmad: 406, demikian pula
Adz-Dzahabi di dalam kitab Siyar A'lamin Nubala' : 11/332 dengan redaksi sebagai
berikut:
قال يعقوب ين بختان أمرنا
أبو عبد الله أن نشتري له جارية فمضيت أنا وفوران فتبعني أبو عبد الله وقال: يا أبا يوسف يكون لها لحم
"Ya'qub
bin Bukhtan berkata; Abu Abdillah (Imam Ahmad-pent) memerintahkan aku untuk
membeli budak wanita. Aku lantas pergi berangkat tiba-tiba Abu Abdillah
menyusul aku sembari berkata ; wahai Abu Yusuf pilihlah budak wanita yang gemuk.
Aku
(Syaikh Abu Hayyan Mahmud Ash-Sharfandi) mengatakan ;
Gemuk
nya wanita menurut orang arab entah di masa jahiliyah maupun masa Islam, adalah
termasuk ciri kecantikan wanita dan faktor yang menambah rupawan.
Banyak
para 'Penyair Cinta' yang memuji para wanita gemuk dari kalangan wanita yang
tampak lemak perut dan badanya. Misalnya seperti penyair bernama Al-A'sya dan
Ibnu Kaltsum dan yang lainnya di dalam kumpulan puisi mereka.
Dan
mereka mencela para wanita yang kurus kering, ceking, sedikit lemaknya, tipis
ototnya serta menonjol tulangnya.
Imam
Jalaluddin As-Suyuthi menulis risalah tentang keutamaan wanita gemuk.yang
diberi judul Al-Yawaqit Ats-Tsaminah Fi Sifatis Saminah (mutiara berharga
tentang sifat gemuk).
{Versi
lain menyebutkam judul kitab beliau adalah Ad-Durah Ats-Tsaminah Fi Fadhli
Nikahis Saminah / Mutiara berharga tentang keutamaan menikahi wanita yang
gemuk-pent}
Sebab
keutaman wanita gemuk itu banyak diantaranya yang paling terkenal adalah; Gemuk
itu menjadi penghangat ketika musim dingin dengan memeluknya. Karena daging itu
menambah hangat.
Ibnu
Abbas radhiyallahu anhuma menyebut nya dengan; Demikianlah kehidupan kaum
Quraisy di musim dingin.
Dan
sebagian para sahabat menyukai hal tersebut, demikian pula tabiin dan para imam
yang diridhai. Imam Ibnu Abi Syaibah mengumpulkan secara tersendiri atsar-atsar
mereka ini di dalam Mushonnaf di bawah judul (Tentang lelaki yang menghangatkan
diri dengan memeluk istrinya setelah mandi).
Selesai
kutipan dari tulisan Syaikh Abu Hayyan
Imam
Tirmidzi ketika mengisyaratkan keberadaan atsar-atsar ini beliau berkata;
هو قول غير واحد من أهل العلم
من أصحاب النبي والتابعين أن الرجل إذا اغتسل فلا بأس بأن يستدفئ بامرأته وينام معها
قبل أن تغتسل المرأة وبه يقول سفيان الثوري والشافعي وأحمد وإسحق
"Ini
merupakan pendapat banyak ahli ilmu dari kalangan para sahabat dan tabiin.
Bahwasanya seorang lelaki apabila telah mandi (janabah), maka tidak mengapa
memeluk istrinya untuk menghangatkan diri dan tidur bersamanya sebelum istrinya
mandi.
Pendapat
ini dinyatakan pula oleh Sufyan Ats-Tsauri, Asy-Syafi'i dan Ishaq."
(Sunan
Tirmidzi; 1/165).
Dan
berikut kami nulilkan sebagian kecil dari riwayat yang dimaksudkan di atas;
1).
Dari Aisyah radhiyallahu anha beliau berkata;
ربما اغتسل النبي صلى الله
عليه وسلم ثم جاء فاستدفأ بي فضممته إلى ولم أغتسل
"Terkadang
Nabi shalallahu alaihi wa sallam mandi kemudian datang dan menghangatkan diri
dengan memeluk aku. Lalu aku memeluk beliau dalam kondisi aku belum
mandi."
(HR
Tirmidzi : 123, Ibnu Majah; 580).
2).
Ibnu Umar radhiyallahu anhuma berkata
إني لاحب أن أسبقها إلى الغسل
فاغتسل ثم أتكوى بها حتى أدفا ، ثم آمرها فتغتسل
"Aku
suka mendahului istriku mandi, setelah mandi aku memeluknya untuk mengusir
dingin, baru kemudian aku menyuruhnya untuk mandi."
(HR
Abdurrazaq dalam Mushannaf: 1065 dengan sanad shahih).
3).
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhuma bahwasanya beliau mandi janabah
kemudian mendatangi istrinya dan memeluknya sebelum istrinya mandi, lantas
beliau shalat dan tidak menyentuh air lagi."
(HR
Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf; 1/97).
4).
Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata:
ذاك عيش قريش في الشتاء
"Demikianlah
kehidupan kaum Quraisy di musim dingin."
(HR
Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf; 1/97).
5).Ibnu
Juraij menyatakan:
سئل عطاء أن يستدفئ الرجل
جنبا بامرأته وهي كذلك ؟ قال : نعم ، لا بأس أن يصيب الرجل المرأة مرتين في جنابة واحدة
"Atho'
ditanya tentang lelaki yang menghangatkan diri dengan memeluk istrinya dalam
kondisi junub istrinya pun demikian? Beliau menjawab : iya tidak masalah
seorang lelaki menjamah istrinya dua kali dengan satu janabah."
(HR
Abdurrazaq dalam Mushannaf: 1064).
6).
Ummu Darda' menyatakan;
كان أبو الدرداء يغتسل ثم
يجئ وله قرقفة يستدفئ بي
"Adalah
Abu Darda' mandi kemudian datang dengan gigi gemeretak karena dingin lantas
memeluk aku."
(HR
Ibnu Abi Syaibah; 1/97).
7).
Dari Ikrimah
أنه كان لا يرى بأسا أن يغتسل الرجل من الجنابة ثم يستدفئ بامرأته قبل أن تغتسل
، أو تغتسل المرأة قبل الرجل فتستدفئ به
"Bahwasanya
beliau berpendapat tidak mengapa seorang lelaki mandi janabah kemudian memeluk
istrinya sebelum istrinya mandi. Atau istrinya yang mandi lebih dulu kemudian
memeluk suaminya untuk menghangatkan diri."
(Al-Mathalibul
'Aliyah: 196).
Wallahu
a'lam
__________
TANYA
JAWAB
T:
Ijin
bertanya ustadz. Kalau masa sekarang gemuk itu identik dengan penyakit misal
jantung, apakah dijaman dahulu tidak ditemukan orang meninggal karena kegemukan
ustadz?
J:
Kalau
gemuk menyebabkan penyakit adalah gemuk yang tidak diperbolehkan
T:
Ijin
bertanya ustad. Kalau begitu, baiknya bagaimana ya ustad, maksud dari uraian
diatas, sebuah dilema atau hal yang patut disyukuri, "gemuk". Afwan.
Karena gemuk itu identik susah gerak, lamban, lemah, ribet dan lain-lain, banyak
penyakit, afwan.
J:
Ada
gemuk yang diperbolehkan dan ada yang gemuk tercela. Next kajian akan dibahas
gemuk tercelanya
T:
Ustadz
izin bertanya. Adakah keutamaan lain selain bisa menghangatkan suami ustadz? Karena
terkadang ada suami yang komplain istrinya gemuk ustadz. Biar lebih sehat dan lebih
bisa bergerak bebas . Mau tidak mau istrinya berusaha untuk kurus juga.
J:
Gemuknya
ya jangan kebangetan yaa.
T:
Dari
judul tema saya sudah bahagia ternyata ada keutamaan wanita gemuk, ternyata
penghangat suami, tidak ada yang lain apa ustadz?
J:
Tidak
ada. Tapi setidaknya ada sisi baiknya bukan?
T:
Assalamualaikum ustadz, saya pingin gemuk bagaimana ustad? sudah makan banyak
tetep kurus tidak gemuk-gemuk?
J:
Tinggi
161cm berat 45kg, kurus memang. Artinya ada sesuatu metabolisme didalam tubuh yang
tidak berjalan dengan baik. Karena normalnya makan 3x sehari dengan makanan
yang masuk mengandung unsur glukosa, setidaknya tubuh melakukan SURVIVAL
MODE dengan cara MENGGEMUK
T:
Assalamualaikum ustadz. Pernah ke dokter karena sulit punya anak malah disuruh
diet supaya tidak gemuk (emang berat badan over banget) bagaimana menurut ustadz
yang seperti itu?
J:
Pasti
obesitas bukan? Obesitas ini penyakit. Yang dibahas adalah masalah kategori
gemuk. Bukan gemuk obesitas.
T:
Afwan ustadz, yang termasuk gemuk yang diatas kategori gemuknya segimana ustadz,
apa gemuk semox, sexy, bohay? apa memang harus gemuk? Afwan di
jaman sekarang wanita berlomba-lomba diet?!
nurunin berat badan?! senam erobic, yoga dan sebagainya. Syukron
J:
Paling
mudah adalah menghitung TB - 100 = …
Coba
hitung diri sendiri ya.
T: Afwan
Ustadz, Saya juga susah gemuk padahal makan sudah banyak.
J:
Kalau
sudah takdirnya kurus ya tidak apa-apa. Sama kayak ikhwan. Kalau takdirnya tidak
ada jenggot ya sudah. Tidak ada paksaan untuk memelihara jenggot.
•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•
Kita tutup dengan
membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin
Doa Kafaratul Majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك
أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma
wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya
Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah
melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum
warahmatullaahi wabarakaatuh
================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment