Makna Keimanan

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, September 9, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (Nanda 101 - 115)

Hari / Tanggal : Senin, 8 September 2014
Narasumber : Ustadz  Abdullah Haidir
Materi :  Makna Keimanan
Notulen : Ana Trienta

Bismillahirrahmanirrahim…
Mba-mba sekalian, sekarang kita coba membahas dengan ringkas makna iman…


Iman menurut Bahasa adalah attashdiq التصديق artinya membenarkan/percaya. Firman Allah Ta’ala,

وما أنت بمؤمن لنا وكنا صادقين

(Dan engkau tidak percaya kepada kami walaupun kami benar (QS. Yusuf: 17

Itu adalah perkataannya saudara-saudara Yusuf kepada bapaknya, Nabi Ya’kub, ketika mereka berbohong bahwa Nabi Yusuf dimakan hewan buas. Mukmin disitu artinya percaya, bukan beriman.

Adapun iman menurut istilah adalah;

تَصْدِيقُ بِالْجَنَانِ وَقَولُ بِاللِّسَانِ وَعَمَلٌ بِالأَرْكَانِ يَزِيدُ بِالطَّاعَةِ وَيَنْقُصُ بِالْمَعْصِيَةِ

Membenarkan dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan. Bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

Jadi ada 3 unsur penting dalam keimanan, yaitu; I’tiqad (keyakinan), qaulun (ucapan) dan amal (perbuatan). Jika salah satu dari ketiganya ini berkuarang atau tidak ada, dapat mengakibatkan berkurangnya keimanan atau bahkan menggugurkannya. 


Yang perlu ditekankan di sini adalah jangan membatasi makna iman dengan makna percaya saja, atau keyakinan saja. Memang benar, titik tolaknya adalah keyakinan. Akan tetapi, keyakinan dalam konsep keimanan kita harus diterjemahkan dalam lisan dan perbuatan. Banyak sekali ayat atau hadits yang mengaitkan keimanan dengan ucapan dan perbuatan kita.

Yang paling nyata adalah dalam Alquran, Allah Ta’ala setiap kali menyebut kata-katanya ‘Yaa ayyuhallaziina aamanu’ يا أيها الذين آمنوا : "wahai orang-orang yang beriman", maka pasti di sana ada perintah yang harus dilaksanakan atau ada larangan yang harus ditinggalkan.

Karena itu Ibnu Mas’ud mengingatkan, jika kalian membaca ayat "Yaa ayyuhallaziina aamanu", maka pasanglah pendengaran baik-baik, karena di sana ada perintah untuk kita laksanakan atau larangan untuk kita tinggalkan.

Dalam hadits juga banyak disebutka indikasi keimanan yang dikaitkan dengan perbuatan, misalnya yang terkenal ‘Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau diam..”, dll.

Pertanyaan berikutnya adalah, apa beda antara Iman dan Islam?


Jika kita perhatikan sepintas, nyaris tidak beda antara iman dan Islam. Dalam iman harus ada keyakinan dan amal, dalam Islam juga begitu. Para ulama menyatakan bahwa Iman dan Islam, termasuk perkara yang apabila disebutkan bersamaan maka dia memiliki makna berbeda, namun jika disebutkan secara terpisah, maka keduanya memiliki makna yang sama.

Jika disebutkan iman dan islam sekaligus, maka dalam hal ini yang dimaksud iman ruang lingkupnya adalah masalah keyakinan, sedangkan yang dimaksud Islam ruang lingkupnya adalah masalah pengamalan.

Adapun jika disebutkan secara terpisah, maka yang dimaksud iman adalah termasuk makna Islam, sebaliknya yang dimaksud Islam terkandung di dalamnya makna Iman.. Kesimpulannya, iman adalah masalah paling mendasar dalam pribadi seorang muslim. Sebelum segala sesuatu dirapihkan, maka keimanan harus yang paling utama diperhatikan. 

Dalam sebuah bangunan dia ibarat pondasi. Ciri-ciri pondasi adalah; kokoh, tidak tampak, tidak banyak ornamen. Maka hendaknya keimanan harus kita bangun dengan kuat, agar bangunan di atasnya berdiri tegak. Takkan berguna semua sikap dan perbuatan kita, jika keimanan kita tidak kuat.

Keimanan sumbernya memang di hati, maka dia tidak mudah tampak. Karena itu, penting kita menjaga kebersihan hati, mengevaluasi diri, khususnya di saat-saat sepi. Apakah sama atau tidak sikap kita di kala sepi atau rama disana akan tampak keimanan seseorang. Mungkin kita sering dengar kisah si penjual susu pada zaman Umar bin Khattab atau peggembala kambing yang tidak mau menjual milik tuannya, walaupun tuannya tidak tahu.
Keimanan juga perkara yang membutuhkan ketegasan dan kejelasan. Kajian ttg keimanan umumnya harus lugas, tegas dan jelas, tidak berbelit-belit dan memberikan banyak penafsiran.  
Thayib, sampai disini dahulu kajian tentang makna keimanan...moga bermanfaat..


TANYA JAWAB
Banyak pertanyaan seputar menguatkan iman atau istiqomah dalam keimanan. Ini sudah saya jelaskan pada jawaban sebelumnya. silakan dilihat lagi....
Cara menguatkan iman;
1- Memahami iman dengan benar.
2- Terus jaga ibadah dan ketaatan.
3- Berdoa mohon kekuatan iman dan rajin berzikir.
4- Hindari majelis-majelis syubhat dan hadiri majelis-majelis ilmu.
5- Bergaul dengan orang-orang saleh.

103
1. Rukun iman itu kan ada 6. Kalau misalkan ada temen yang ga percaya dari 1 rukun iman tersebut gimana? Contoh: kurang percaya adanya qodo dan qodar
Jawab
Tidak percaya terhadap salah satu rukun iman dapat menggugurkan keimanan.

2. Ustadz, Doa agar keinginan kita cepet diijabah itu apa ya?? Mohon pencerahannya.
Jawab
Agar doa cepat diijabah dilihat dari 3 sisi:
  • Orang yang bedoa; Kuat iman, taat ibadah, penuh harap, jauh dari barang haram, jangan kecewa dalam berdoa tapi selalu optimis.  
  • Doa itu sendiri; Awali dengan istighfar, akui kelemahan dan dosa, baca hamdalah dan shalawat, cari doa-doa yang ma’tsur (dari Alquran dan hadits).
  • Dari segi waktu: cari waktu-waktu yang mustajabah, di sepertiga malam terakhir, antara azan dan iqamah, saat sujud, setelah tasyahud sebelum salam
3. Ustadz, kurban itu afdholnya untuk jarak terdekat yang kebutuhan untuk daging kurbannya biasa aja atau dikirimkan ke suriah, Gaza, DLL yang dalam kondisi kesulitan pangan. Tapi jauh jaraknya?
Jawab

Kurban afdholnya memang untuk disekitar kita, namun jika dirasa ditempat lain lebih berguna dagingnya, itu juga baik, walaupun jaraknya jauh. Yang penting pelaksanaannya dilakukan secara benar, baik dari jenis hewannya, cara menyembelihnya dan waktunya.

4. Di odoj kebetulan baca dan tertarik dengan surat 2: 62
Sapi Betina (Al-Baqarah):62 - "Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati"
... 
Perintah da'wah memang wajib tapi menurut saya ada cara-cara dengan hikmah misal di medsos yang homogen malah mental kalo langsung saklek bilang bahwa Islam adalah paling benar dan yang lain adalah kafir seolah yang berhak hidup dan masuk surga di dunia ini adalah orang islam saja. Gak efektif dan malah menimbulkan rasa gak suka. Gimana tentang hal ini? Gimana dengan ayat tersebut? Gimana dengan mereka yang tetep beramal sholeh tapi bukan Islam dan belum sampai kepadanya hidayah/petunjuk. Terus hubungannya dengan Islam turunan. Misal kita terlahir bukan dari orang tua Islam belum tentu juga kita beriman dan berislam. Mohon penjelasannya
Jawab
Menyampaikan dakwah dengan medsos, minimal tidak ada caci maki atau menjatuhkan martabat seseorang. Adapun menyampaikan bahwa Islam adalah ajaran paling benar, hal tersebut tidak mengapa, lebih bagus lagi kalau dia jelaskan argumentasinya. Perkara ada yang menerima dan menolak, itu perkara yang pasti ada sejak dahulu dan sekarang, bahkan para Nabi pun dakwahnya ada yang menolak. Itu sudah bukan wewenang kita… tugas kita adalah menyampaikan dengan benar dan dengan cara yang baik.

104
1. Gimana untuk lebih menjaga iman karena terkadang iman terobang ambing oleh nafsu yang membuat hati goyah walaupun niat untuk memperbaiki diri
Jawab
Lihat Jawaban sebelumnya

2. Assalamualaikum ustadz. Bagaimana hukumnya mendengar lagu-lagu yang tidak islami? Apakah dengan mendengar lagu-lagu yang tidak bertema islami tersebut akan menurunkan kadar iman seseorang?
Jawab
Mendengar lagu-lagu yang tidak islami, bahkan yang dianggap islami sekalipun namun sering tidak sesuai dengan adab islami, sebaiknya dihindari atau paling tidak diminimalisir. Perkara ini sering melenakan dan berdampak pada berbagai sikap dan dalam banyak hal dapat berpengaruh pada kadar keimanan seseorang.
Wallahu a’lam…

3. Assalamualaikum ust, Mau bertanya apakah suami istri yang brsentuhan kulit ketika berwudhu batal kah ?
Jawab
Masalah apakah bersentuhan kulit suami isteri membatalkan wudhu atau tidak, ada perbedaan pendapat para ulama. Dalil yang menunjukkan bahwa hal tersebut tidak membatalkan cukup kuat. Namun tidak disalahkan orang yang berpendapat bahwa hal itu membatalkan. Karena ada juga dalilnya.

4. Kalo orang uda berhaji lalu dia mampu untuk haji ke dua sebaiknya haji ke dua itu untuk dirinya sendiri apa diberikan kepada orang lain ?Jazakallah khair ust.
Jawab
Haji yang kedua sebaiknya untuk dirinya. Tapi jika dia ingin niatkan haji tersebut untuk orang lain yang boleh dihajikan, seperti sudah meninggal atau sudah renta tak kuat melakukan ibadah haji, maka hal itu tidak mengapa.

105
1. Bagaimana menjaga keimanan agar senantiasa 100%, tidak futur ustadz?
Jawab
Iman agar tidak futur dan selalu segar lihat jawaban sebelumnya.

2. Bagaimana cara mencintai ALLAH dengan hati, fikiran dan lisan?
Jawab 
Cara mencintai Allah dengan hati, pikiran dan lisan, hal pertama yang hendaknya kita lakukan mengimani kebesaran Allah, keagunganNya, kemurahannya dan kasih sayangnya. Berupaya terus menghadirkan kebesaran dan kenikmatan yang telah Allah berikan, merenungi keagungan penciptaanNya dan ajaraNya serta lisan selalu berzikir kepadaNya.

3. Kalau pas lagi futur apa yang harus dilakukan? terkadang pas futur semuanya jadi merasa kurang bermakna dan jiwanya terasa kosong  
Jawab
Soal iman yang futur, lihat jawaban di atas.

106
1. Saat iman kita mulai berasa turun apa yang harus di lakukan supaya kita semangat ibadah?
Jawab
Saat iman sedang turun hal itu dinamakan futur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyadari kondisi iman yang lemah dan merasa bersedih dengan hal tersebut. Lalu berdoa mohon kepada Allah kekuatan iman. Cari pula faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya. Banyak yang mengatakan bahwa mengetahui sebab-sebabnya dan lalu mengatasinya akan membantu kita mengatasi masalah futur ini. Sebab-sebab futur sangat banyak; Sibuk dengan dunia, pergaulan tak baik, panjang angan-angan, lupa akhirat, dll.

2. Pak bagaimana memperjelas keimanan bukan hanya keyakinan
Jawab
Memperjelas keimanan, telah dijelaskan dalam uraian saya di atas.

3. Ustadz, saat kita sangat menyukai tokoh kartun sampai ingin ngoleksi semua pernak pernik yang ada gambar kartun tersebut. Apa itu dapat menurunkan keimanan kita ??
Jawab
Masalah menyukai tokoh kartun dll. Pada dasarnya berlebih-lebihan tidak baik. Kalau sampai dalam taraf mengoleksi pernak perniknya menurut saya itu berlebih-lebihan. Jika waktu dan anggaran diarahkan kepada yang lebih bermanfaat, hasilnya akan lebih bermanfaat. Dari sisi keimanan, dapat mengganggu, sesuai kadarnya.

4. Asalam ustdz, sesuai dengan kalimat di materi nya. Keimanan juga perkara yang membutuhkan ketegasan & kejelasan dimasa sekarang ini apa saja contohnya & apa yang sering dilalaikan oleh banyak orang?
Jawab
Yang saya maksud bahwa iman membutuhkan kejelasan dan ketegasan adalah bahwa perkara iman, seseorang tidak lagi memperdebatkan ya atau tidak, benar atau tidak, mungkin atau tidak. Tapi jika jelas sudah ada dalilnya, maka sikapnya hanyalah siap menerima dan meyakini. Misal, tentang adanya akhirat sangat jelas dan banyak nash-nash tentang masalah ini, maka orang beriman tidak lagi bisa memilih antara percaya atau tidak, ragu atau tidak, atau dengan mencari-cari bahasa lain. Perkara akhirat ini mungkin salah satu yang sering diragukan dalam masalah keimanan.

5. Ustadz, amal-amal apa saja yang bisa menambah kadar iman kita?
Jawab
Mengambah dan menguatkan kadar keimanan dapat dilihat dalam jawaban di atas.

6. Assalamualaikum ustadz, bila kita berdoa memohon petunjuk Allah, lalu ada keyakinan dalam diri apa yang harus dilakukan, apakah keyakinan tersebut termasuk keimanan?
Jawab
Lahirnya keyakinan setelah berdoa, semoga itu merupakan pertanda keimanan yang benar.

108
1. Assalamualaikum Ust,, terkadang iman kita naik turun. Ketika iman kita sedang turun, bagaimana cara agar bisa segera bangkit, ndak malah terus futur.,
Jawab
Soal iman naik turun, lihat jawaban di atas.

2. Ustadz, bagaimana seseorang dikatakan telah beriman? Apa keimanan seseorang itu bisa dinilai oleh orang lain atau cukup hanya diri pribadi kita saja dan Allah yang tahu?
Jawab
Seseorang dikatakan beriman jika memiliki 3 unsur seperti yang telah sebutkan. I'tikad (keyakinan), ucapan/pernyataan dan perbuatan..


3. Ustadz lemahnya iman apa juga karna hati yang lalai? tidak bisa konsentrasi untuk ibadah. Gimana solusinya? sulit diatur antara keinginan vs imajinasi terkadang keinginan kita, kita sendiri yang menghancurkannya. Sebabnya futur apaan sih? Kenapa sseorang itu bisa terkena penyakit futur ?
Jawab
Sebab futur itu banyak, di antaranya;
1. Menuruti hawa nafsu,
2. Panjang angan-angan
3. Pergaulan yang tidak kondusif.
4. Berlebihan dalam hal-hal yang tak positif, seperti hobi-hobi tertentu dll.
5. Terlalu berorientasi dunia, sedikit berorientasi akhirat..

109
1. Ustadz, jika ada orang berpikiran "kenapa kita diciptakan di dunia ini, bukankah nanti akhirnya kembali kepadaNya ? Dan bukankah setiap takdir sudah Engkau gariskan? Lalu buat apa mnusia berusaha?" Untuk orang seperti itu , yang harus dibenahi apanya? Dan harus diberi pengertian bagaimana? Afwan
Jawab
Hendaknya kita memahami hakekat hidup ini, yaitu sebagai ujian yang Allah berikan kepada manusia untuk mengetahui siapa di antara kita yang amalnya paling baik. Maka wajar kita diberikan hidup dengan segala fasilitasnya dan nanti kita akan kembali untuk dinilai semuanya. Takdir secara ringkas adalah gabungan antara usaha dan pasrah, ikhtiar dan bersandar kepada Allah. Allah tetapkan takdir bukan agar kita tidak berusaha, justru agar kita berusaha menjemput takdir Allah yang kita inginkan. Ketika sudah berusaha, baru segalanya kita serahkan kepada Allah hasilnya. Membenahi masalah keimanan, harus bertahap dan berproses lewat pemahaman, pembinaan dan pendampingan terus menerus.

2. Ustadz mau tanya, gimna caranya agar kuat IMAN kita? Syukron
Jawab
Masalahan penguatan iman atau bagaimana agar kita istiqamah sudah saya jawab di atas, coba dilihat lagi. Intinya cobaan pasti ada dulu maupun sekarang justru disanalah iman kita diuji

3. Ustadz mau tanya, bagaimana memahamkan iman dan mengimplementasikan disetiap aktivitas hidup ini, karena tantangannya banyyyyaaaak sekali baik dari internal diri maupun external ?
Jawab
Hendaknya kita memahami hakekat hidup ini, yaitu sebagai ujian yang Allah berikan kepada manusia untuk mengetahui siapa di antara kita  yang amalnya paling baik. Maka wajar kita diberikan hidup dengan segala fasilitasnya dan nanti kita akan kembali untuk dinilai semuanya. Takdir secara ringkas adalah gabungan antara usaha dan pasrah, ikhtiar dan bersandar kepada Allah. Allah tetapkan takdir bukan agar kita tidak berusaha, justru agar kita berusaha menjemput takdir Allah yang kita inginkan. Ketika sudah berusaha, baru segalanya kita serahkan kepada Allah hasilnya.


4. Ustadz, Iman itu berhubungan tidak dengan keikhlasan? Saya pernah di bohongi oleh seorang teman. Hingga kebohongan itu imbasnya ke keluarga saya. Menghancurkan sebuah persahabatan. Merusak nama baik. Kemudian pada akhirnya dia datang ketika kebohongan dia hampir terbongkar. Dia mengaku dan minta maaf. Pengakuannya malah menyalahkan si fulan, fulan dan fulan. Seketika itu saja saya marah besar. Tapi tetap dia minta maaf. Lisan saya memaafkan. Tapi hati masih teriris. Sedih dan tidak percaya. Hingga akhirnya saya memutuskan komunikasi. Sampai sekarang saya susah memaafkan lewat hati.
Jawab
Memaafkan orang yang mengakui kesalahannya adalah perbuatan yang mulia. Boleh jadi awalnya sulit, namun hati kita harus dididik terus menerus untuk menerimanya dengan lapang dada.

110
Ustadz, titipan Allah apa saja yang wajib dizakati?
Jawab
Menzakati barang-barang yang dititipkan Allah, maksudnya bagaimana? Kalau yang dimaksud harta benda kita, maka zakat yang wajib dikeluarkan hanyalah, emas perak atau uang, atau barang-barang yang diperdagangkan. Jika sampai senishab (seharga 85 gram emas) dan sudah tersimpan selama setahun, maka keluarga 2,5% darinya..
Adapun rumah, tanah, kendaraan, perkakas, dll, tidak wajib dizakatkan….

112
1. Cara membangun keimanan gimana?
Jawab
Terkait dengan menjaga dan memelihara keimanan, sudah saya jelaskan point-pointnya secara ringkas pada jawaban sebelumnya.

2. Beberapa hari lalu teman masa sekolah menghubungi saya, ia menyarankan saya untuk buka aura agar cepat menikah. Saya menolaknya dengan sopan dengan alasan mau sholat istikhoroh dulu kalo sreg di hati nanti saya telepon. Dia bilang suaminya orang banten dan jangan takut ini musrik karena pada hakikatnya minta jodoh nya sama Allah dan suaminya cuman sekadar perantara. Sampai saat ni saya belom telepon dia karena saya takut ini musrik. Pertanyaan saya, kenapa makin banyak orang Islam yang seperti ini? Bagaimana cara menyarankan kepada mereka bahwa hal-hal seperti ini tidak boleh dilakukan?
Jawab
Menggunakan sesuatu sebagai perantara, harus memenuhi salah satu dari kedua hal:
  • Dinyatakan jelas-jelas oleh wahyu, misalnya membaca ayat kursi untuk keselamatan, karena ada haditsnya.
  • Perantara tersebut dapat dibuktikan sebagai sebab akibat berdasarkan pengalaman nyata atau bukti-bukti ilmiah. Misalnya seseorang memakai helm untuk keselamatan.
Membuka aura, setahu saya tidak masuk kedua unsur tersebut. Sebab banyaknya keyakinan seperti ini, karena banyaknya syubhat terkait dengan masalah kemusyrikan. Pembekalan keimanan yang terarah dan jelas, dapat mengatasi problem ini in sya Allah.

3. Bagaimana cara kita untuk tetap terus memperkokoh iman dan istiqomah apalagi manusia imannya sering fluktuatif?
Jawab
Soal istiqomah dalam keimanan, dapat dilihat point-point di atas.


4. Majlis syubhat seperti gimana dan majlis ilmu yang gimana ustadz?
Jawab

Majelis syubhat adalah majelis yang di dalamnya justru menimbulkan keragu-raguan terhadap ajaran Islam, apakah itu bentuknya pertemuan resmi, atau obrolan-obrolan biasa, kalau ada yang suka berbicara dengan nada meragukan Islam, maka jika tidak dapat membantah, segera tinggalkan majelis tersebut

5. la kalo contoh seperti sunan kalijaga menggunakan wayang?
Jawab

Menggunakan wayang untuk sarana dakwah, sama seperti sekarang orang menjadikan drama untuk kepentingan dakwah. Sepanjang adab-adab syariatnya dijaga, sarana apa saja dapat digunakan.

113
1. Kalo iman dan islam ada kesamaan. Apakah ihsan juga memiliki kesamaan? Saya lupa-lupa ingat. Ada islam, iman dan ihsan itu 3 point apa yah?
Jawab
Kurang lebih ihsan juga seperti itu, maksudnya dapat mengandung arti iman dan islam. Tetepi secara khusus ihsan menekankan faktor kesungguhan dan keikhlasan, yaitu ibadah yang kita lakukan dalam keadaan seakan kita melihat Allah, minimal merasa dilihat Allah.


2. Laki-laki kan gak boleh tuh pake emas kuning . Kalo emas putih gimana? Makasih.
Jawab
Masalah larangan memakai emas bagi laki-laki, ketentuannya bukan warnanya, tetapi apakah dia disebut emas atau bukan. Jika sebuah logam dikenal sebagai emas, apakah warnanya kuning atau bukan, maka dilarang laki-laki memakainya sebaliknya jika sebuah logam berwarna kuning itu bukan emas, maka boleh dipakai meskipun untuk semacam cincin sebaiknya jangan dipakai, karena akan menimbulkan prasangka tidak baik.

3. Misalkan kadang-kadang kita berdoa merasa perasaan  tidak menyatu dengan apa doa yang kita panjatkan. Atau juga  dengan kata lain kok kadang-kadang ngerasa nyaman aja ketika disepertiga malam pun gak terasa lagi. Itu apa juga termasuk menurunnya iman. Atau kenapa ya? Tetapi kadang-kadang. Apa karena faktor lain ? Mohon penjelasan nya  
Jawab
Perbedaan suasana hati di saat tertentu sebenarnya wajar, para sahabat saja merasa berbeda saat berada di hadapan Nabi saw dan saat jauh darinya. Standarnya adalah jangan sampai perbedaannya menjurus pada maksiat, atau lalai dari kewajiban.

115
1. Bisa dijelaskan lagi tentang keimanan membutuhkan ketegasan dan kejelasan,umumnya harus lugas,tegas dan jelas. Kurang memahami saya 
Jawab
Soal ketegasan dlam masalah keimanan lihat jawaban 106, no. 4.

2. Saya mau tanya ustad. Jika ada seseorang yang dari luar dan perkataan (nasehat) nya sudah dibilang syar'i namun kelakuannya justru terbalik denga tampilan dan perkataanya karena dia bisa di bilang sering saya tanyai tetang taat dalam islam itu seperti apa, namun baru baru ini saya baru tau jika tingkah lakunya beda dari apa yang dia ajarkan pada saya. Apakah ia sudah termasuk seseorang yang beriman?
Jawab
Menghukumi iman seseorang hanya kita lakukan secara zahir. Adanya penyimpangan prilaku dalam beberapa hal tidak lantas menggugurkan keimanan seseorang, tapi mengurangi iya selagi telah jelas dia beriman, dia tidak dikatakan gugur keimanannya, kecuali ada bukti yang sangat kuat bahwa keimanannya batal.

3. Ustadz sudah menjadi fitrah kalo kadar keimanan seseorang itu ada kalanya naik dan ada kalanya turun, apa yang harus kita lakukan? kalo iman kita mengalami penurunan, bagaimana cara kita buat menaikkannya kembali atau minimal membuatnya stabil?
Jawab
Soal iman yang futur, lihat jawaban di atas.

Doa Kafaratul Majelis

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!