Kajian Online WA Hamba الله SWT
Selasa, 19 Januari 2016
Narasumber : Ustadzah Azizah
Rekapan Grup Nanda M116 (Sari)
Tema : Syakhsiyah Islamiyah
Editor : Rini Ismayanti
HAL-HAL
YANG MENGUATKAN IMAN
Hal-hal yang dapat menguatkan
iman adalah :
1.Menuntut ilmu, yaitu
ilmu yang menyebabkan bertambahnya pengetahuan dan keyakinan tentang iman
(QS.35 : 28)
2.Menyimak atau
mentadaburkan Al-Qur’an (QS.17 : 282)
3.Dzikir dan Fikir
4.Dzikir adalah
mengingat Allah beserta sifat-sifatnya, hal-hal yang menyangkut keagungannya
dan membaca kalam-Nya (QS.33 : 41, 8:4)
5.Fikir adalah
aktivitas yang mengacu kepada renungan terhadap ciptaan Allah, ayat-ayat-Nya
dan mukjizatnya (QS.3 : 190-191)
6.Mengikuti dan
komitmen terhadap Halaqah dzikir. ” Tidaklah segolongan orang duduk seraya
menyebut Allah melainkan para malaikat mengelilingi mereka, rahmat meliputi
mereka, ketentraman hati turun kepada mereka dan Allah menyebut mereka termasuk
ke dalam golongan yang berada disisinya.” (HR. Muslim)
7.Memperbanyak amal
saleh. Dalam memperbanyak amal saleh yang harus diperhatikan yaitu :
a. Sesegera mungkin
melaksanakan amal-amal saleh (QS.3 : 33, 57 : 21, 22: 90) dan hadits : ”
Pelan-pelan (berhati-hati) dalam segala sesuatu adalah baik kecuali didalam
amal akhirat ( HR.Abu Daud)
b. Melakukannya secara
terus menerus ” Allah menyukai amalan yang walaupun sedikit tapi dikerjakan
secara terus menerus (HR.Bukhari)
c. Tidak merasa bosan.
maksudnya kerjakanlah ibadah sesuai dengan kemampuan ” Sesungguhnya agama itu
adalah mudah dan tidaklah agama itu dikeraskan oleh seseorang melainkan justru
ia akan dikalahkan. Maka berbuatlah yang lurus dan sederhana.” (HR Bukhari)
d. Mengulang amalan
yang tertinggal dan terlupakan. ” Barang siapa yang tertidur hingga ketinggalan
bacaan wiridnya dari sebagian malam atau dari sebaian bacaan wirid, lalu di
membacanya lagi antara shalat subuh dan shalat dzuhur maka ditetapkan baginya
seakan-akan ia membacanya pada waktunya. ” (HR. An-Nasai’)
8.Berharap amalnya diterima
Allah dan merasa cemas jika amalannya tidak diterima Allah Swt
9.Lakukan berbagai
macam ibadah. ” Barang siapa yang menafkahi dua istri dijalan Allah, maka ia
akan dipanggil dari pintu-pintu sorga,’ Wahai hamba Allah ini adalah baik’ lalu
barangsiapa yang menjadi orang yang benyak mendirikan shalat maka ia dipanggil
dari pintu shalat. Barangsiapa menjadi orang yang banyak berjihad maka ia
dipanggil dari pintu jihad. Barang siapa menjadi orang yang banyak melakukan
shaum, maka ia dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Barang siapa menjadi orang yang
banyak menge luarkan shodaqoh maka ia dipanggil dari pintu shadaqah.” (HR.
Bukhari). Berbakti kepada orang tua adalah pertengahan dari pintu surga.”(HR
Tirmidzi)
10. Dzikrul maut.”
Perbanyaklah mengingat pemutus segala kenikmatan, yaitu kematian.” (HR.
Tirmidzi) “Dulu aku melarangmu menziarahi kubur, ketahuilah, sekarang
ziarahilah kubur karena hal itu dapat melunakkan hati, membuat mata menangis,
mengingatkan hari akhirat dan janganlah kamu mengucapkan kata-kata yang kotor.”
(HR.Hakim)
11. Mengingat akhirat,
yaitu mengingat nikmatnya surga dan keras atau pedihnya neraka (QS.56 : 75, 78)
12.Bermunajat kepada
Allah dan pasrah kepada-Nya. Maksudnya : memohon kepada Allah dengan
ketundukkan dan kepasrahan yang sedalam-dalamnya.
13.Tidak
berangan-angan secara muluk-muluk (QS.26 : 205-207,10 :45)
14.Memikirkan kehinaan
dunia(QS.3 : 185) Hadits : ” Dunia itu terlaknat, dan terlaknat pula apa yang
ada didalam nya, kecuali dzikrullah dan apa yang membantunya atau orang yang
berilmu atau orang yang mencari ilmu.” (HR. Ibnu Majah)
15. Mengagungkan
hal-halyang terhormat disisi Allah . (QS.22 : 30,32)
16.Al Wala Wal Bara
artinya : saling tolong menolong dan loyal kepada sesama muslim dan memusuhi
orang-orang kafir (QS.5 : 2)
17.Tawadu ( rendah
hati ). ” Barang siapa menanggalkan pakaian karena merendahkan diri kepada
Allah padahal ia mampu mengenakannya maka Allah akan memanggilnya pada hari
kiamat bersama para pemimpin makhluk, sehingga ia diberi kebebasan memilih
diantara pakaian-pakaian iman mana yang dikehendaki untuk dikenakannya.” (HR.
Ath.Thirmidzi)
18.Muhasabah diri (
QS.59 : 18)
19.Doa (QS.2 : 186)
TANYA
JAWAB
Q : Bunda, saya mau
tanya jika kita sedang haid bolehkah kita masuk ke dalam masjid dalam rangka
mengikuti majelis ilmu? Apakah boleh wanita duduk dalam masjid saat haid?
A : 1. HUKUM
Hukum yang dipegang
oleh kebanyakan ulama seperti Imam Abu Hanifah, Imam Syafie, Imam Malik, Imam
Ahmad bin Hanbal ialah haram bagi wanita haid duduk di dalam masjid.
Pendapat Imam Dawud
Zahiri, Imam Muzani, Ibn Hazim Zahiri serta beberapa orang lain lagi pula ialah
diharuskan.
DALIL YANG
MENGHARAMKAN:
Dalil mereka yang
mengharamkan ialah dua hadis Nabi saw:
Pertama: Hadis `Aisyah
radiyallahu `anha
جَاءَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَوُجُوهُ بُيُوتِ أَصْحَابِهِ شَارِعَةٌ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ وَجِّهُوا هَذِهِ الْبُيُوتَ عَنْ الْمَسْجِدِ ثُمَّ دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يَصْنَعْ الْقَوْمُ شَيْئًا رَجَاءَ أَنْ تَنْزِلَ فِيهِمْ رُخْصَةٌ فَخَرَجَ إِلَيْهِمْ بَعْدُ فَقَالَ وَجِّهُوا هَذِهِ الْبُيُوتَ عَنْ الْمَسْجِدِ فَإِنِّي لَا أُحِلُّ الْمَسْجِدَ لِحَائِضٍ وَلَا جُنُبٍ
Maksudnya: “Nabi saw
datang ke Masjid Nabawi. Di kala itu muka pintu rumah para sahabat Nabi saw
bersambungan dengan Masjid Nabawi. Baginda lantas bersabda: “Palingkan
rumah-rumah kamu ke arah lain daripada masjid” Kemudian baginda memasuki
masjid. Orang ramai belum mengambil apa-apa tindakan pun kerana mengharapkan
agar turun kepada mereka kelonggaran. Setelah itu baginda keluar bertemu
mereka. Baginda lantas bersabda lagi: “Palingkan rumah-rumah kamu ke arah lain
daripada masjid, kerana sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid ini untuk
perempuan haid dan orang yang berjunub” [1]
Kedua : Ummu Salamah
radiyallahu `anha.
دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَرْحَةَ هَذَا الْمَسْجِدِ فَنَادَى بِأَعْلَى صَوْتِهِ إِنَّ الْمَسْجِدَ لَا يَحِلُّ لِجُنُبٍ وَلَا لِحَائِضٍ
Maksudnya: “Baginda
saw masuk ke pintung gerbang masjid lalu menyeru dengan suara yang lantang:
“Sesungguhnya masjid ini tidak halal untuk perempuan haid dan orang yang
berjunub.” [2]
Kedua-dua hadis di
atas menunjukkan bahawa perempuan haid dan orang yang berjunub lelaki atau
perempuan tidak boleh duduk di dalam masjid.
Adapun melintasinya
kebanyakan ulama mengharuskan dengan dua syarat iaitu ada keperluan-keperluan
tertentu dan kedua diyakini masjid tidak dikotori dengan najis darah haid yang
akan menitis. Dalilnya dua:
Pertama: firman Allah:
{ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ }
Maksudnya: “(jangan
pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub melainkan orang yang
melintasinya.” [3]
Kedua: hadis `Aisyah
yang mana baginda ketika berada di seberang sana masjid mengarahkan beliau
menghulurkan kepada baginda hamparan solat. `Aisyah lalu memberi alasan bahawa
beliau kedatangan haid. Nabi lantas bersabda:
لَيْسَتْ حَيْضَتُكِ فِي يَدِكِ
“Haid kamu bukan pada
tangan kamu.” [4]
DALIL YANG
MENGHARUSKAN:
Dalil mereka ialah
kedua-dua hadis `Aisyah dan Ummu Salamah di atas adalah lemah. Dengan itu tiada
dalil yang kuat yang boleh mengharamkan. Rentetan itu, hokum duduk di dalam
masjid adalah kembali kepada hokum asal dalam melakukan sesuatu iaitu harus.[5]
PERBINCANGAN DALIL
Hujah yang mengatakan
bahawa hadis Aisyah dan Ummu Salamah di atas adalah lemah telah dibantah oleh
para ulama terkemudian antaranya Imam Syaukani. Bagi beliau kedua-dua hadis di
atas samada berstatus Hasan atau Sahih dan kedua-duanya boleh dijadikan hujah
dalam hokum.[6]
KESIMPULAN/HUKUM YANG
DIPEGANG
Merujuk kepada soalan
di atas, wanita haid yang ingin menuntut ilmu di masjid tidak boleh duduk di
dalam masjid. Namun, mereka boleh berada di tempat yang tidak dikhususkan untuk
solat seperti dewan kuliah yang asing yang tidak dijadikan tempat solat, tempat
rehat di tingkat bawah masjid, tempat berwudu’, kawasan persekitaran masjid dan
lain-lainnya.
Sekiranya ada yang
ingin berpegang dengan pendapat kedua yang mengharuskan, mudah-mudahan itulah
antara rahmat keluasan fiqh dan perbezaan pendapat dalam fiqh Islam. Wallahu
a`lam.
[1] Hadis riwayat Abu
Dawud (no 201).
[2] Hadis riwayat Ibn Majah (no 637).
[3] Al-Qur’an, surah al-Nisa’, ayat 43.
[4] Hadis riwayat Ibn Majah (no 624).
[5] Syauqani, Nayl al-Autor, juz 2, hlm 94
[6] Ibid, hlm 95.
[2] Hadis riwayat Ibn Majah (no 637).
[3] Al-Qur’an, surah al-Nisa’, ayat 43.
[4] Hadis riwayat Ibn Majah (no 624).
[5] Syauqani, Nayl al-Autor, juz 2, hlm 94
[6] Ibid, hlm 95.
RUJUKAN
1. Fatawa Lajnah Daimah li al-Buhuth al`Ilmiyyah wa al-Ifta’, juz 8, hlm 284.Fatwa no 5167.
2. Himpunan Fatawa dan Tulisan Syeikh Ibn Baaz, juz 10, hlm. 221.
3. `Azim Aabadi, `Awn al-Ma`bud.
4. Syauqani, Nayl al-Autor
1. Fatawa Lajnah Daimah li al-Buhuth al`Ilmiyyah wa al-Ifta’, juz 8, hlm 284.Fatwa no 5167.
2. Himpunan Fatawa dan Tulisan Syeikh Ibn Baaz, juz 10, hlm. 221.
3. `Azim Aabadi, `Awn al-Ma`bud.
4. Syauqani, Nayl al-Autor
Q : Mau tanya bgamana
cara nya biar selalu bisa istiqomah ???
A : Adapun kiat kiat untuk istiqomah:
A : Adapun kiat kiat untuk istiqomah:
1. Selalu menjaga
kesucian fitrah dan jiwa : QS :'as syam : 7-9
2. Membangun rasa
cinta pada semua kebaikan dan ajaran rasulullah saw
Ali Imran: 31
Ali Imran: 31
3. Menanam sikap
ikhlas dalam menghambakan diri pada Allah swt
Al bayyinah: 5
Al bayyinah: 5
4. Mengetahui langkah
langkah syetan dan menghindari dari mengikutinya ( QS: Annur dan al araaf )
Adapun langkah langkah
syeithan yaitu :
A. Menghembuskan sifat
buruk seperti takabur, hasad dan riya.
B. Menghadang semua
langkah kebaikan.
C. Menipu dan merusak
cara pandang kehidupan
D. Mendatangi dengan
berbagai macam cara
Q : Bund, bagaimana cara
menghindari kebosanan dalam beribadah? Syukron
A : Kebetulan ini
bunda punya artikel yang bunda save tentang mengatasi kebosanan.
Cara Mengatasi Malas
BeriBadaH !!!
Asy-Syeikh Al Munawar Abdul Kabir bin Abdullah Bahmid bertanya : “Apakah obat bagi orang yang merasa berat untuk melakukan kebaikan dan cenderung memperturutkan hawa nafsu, meskipun ia mencintai kebaikan dan para pelakunya serta membenci kejahatan dan para pelakunya ?”
Asy-Syeikh Al Munawar Abdul Kabir bin Abdullah Bahmid bertanya : “Apakah obat bagi orang yang merasa berat untuk melakukan kebaikan dan cenderung memperturutkan hawa nafsu, meskipun ia mencintai kebaikan dan para pelakunya serta membenci kejahatan dan para pelakunya ?”
Habib Abdullah Al
Hadad ra menjawab : Ketahuilah bahwa malas beribadah dan cenderung
memperturutkan hawa nafsu ini dapat disebabkan oleh empat hal :
1.Kebodohan, cara
mengatasinya adalah dengan menuntut ilmu yang bermanfa’at.
2.Lemah iman, Cara
mengobatinya dengan bertafakkur mengenai kekuasaan Allah di langit dan di Bumi
serta tekun beramal Saleh.
3.Panjang angan-angan,
cara mengobatinya dengan mengingat mati dan menyadari bahwa kematian dapat
datang setiap saat.
4.Makan sesuatu yang
syubhat, cara mengatasinya adalah dengan bersikap wara’ dan sedikit makan.
Siapa yang berhasil menghilangkan
penyakit-penyakit itu dengan menerapkan pengobatan tadi, maka :
Ia tidak akan mudah merasa bosan dalam beribadah dan beramal saleh setiap waktu.
Ia tidak akan memperturutkan hawa nafsu dan tidak terlalu mengejar kenikmatan duniawi.
Ia tidak akan mudah merasa bosan dalam beribadah dan beramal saleh setiap waktu.
Ia tidak akan memperturutkan hawa nafsu dan tidak terlalu mengejar kenikmatan duniawi.
Janganlah mengharapkan
kenikmatan ibadah pada tahap awal perjuangan, sebab hal itu tidak mungkin dapat
dicapai sebelum seseorang benar-benar bermujahadah. Begitulah sunatullah :
Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan perubahan pada sunatullah (Al-Ahzab, 33:62).
Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan perubahan pada sunatullah (Al-Ahzab, 33:62).
Tahap awal perjuangan
adalah menjauhi hal-hal yang diharamkan syariat, mengendalikan hawa nafsu dan
memaksanya untuk taat kepada Allah. Semua itu akan terasa berat dan sulit.
Apabila Allah Ta’ala telah mengakui kesungguhan hati dan ketulusan niat untuk menyucikan
jiwa dan kelurusan budinya, maka saat itulah Allah akan melindungi orang itu
dan meliputinya dengan luthf-Nya yang tersembunyi, sehingga dalam beribadah dan
beramal, ia dapat merasakan kenikmatan dan kelezatan yang tiada tara,
kenikmatan yang tidak akan membuatnya lalai lagi dari Allah. Sebaliknya, ia
akan merasakan kepedihan yang dalam ketika bermaksiat, karena orang yang telah
memiliki nafsu muthmainnah merasa heran ketika melihat sebagian manusia durhaka
kepada Allah Ta’ala, padahal dalam ketaatan terdapat perasaan nyaman,
kelapangan dada dan kenikmatan.
Orang-orang durhaka
melakukan maksiat dan memperturutkan syahwat, padahal dalam kemaksiatan itu
tersembunyi perasaan sedih, duka dan ketidak tentraman. Orang yang sudah
mencapai tingkat nafsu muthmainnah menyangka bahwa orang lain tentu juga telah
mencapai dan merasakan apa yang ia rasakan.
Kemudian setelah ia
mawas diri dengan mengingat kembali segala yang pernah ia rasakan sebelumnya,
yaitu ketika ia mengecap berbagai kenikmatan dalam memperturutkan hawa
nafsunya, yaitu ketika ia merasakan pahit getirnya ketaatan, maka barulah ia
sadar, bahwa ia tidak sampai ketingkatnya sekarang ini melainkan setelah
melalui perjuangan panjang dan inayah yang banyak dari Allah Swt. Sehingga ia
tidak akan tergoda dan tertipu oleh nafsunya.
Allah berfirman :
“Itulah karunia Allah yang diberikan kepada siapa saja yang Ia kehendaki”. (Al
Jum’uah 62 :4)
Dan orang-orang yang
berjihad untuk mencari keridloan kami benar-benar akan kami tunjukkan kepada
mereka jalan-jalan kami”. (Qs. Al Ankabut 29:26)
(An-Nafaisul Uluwiyah
23-24)
Alhamdulillah, kajian
kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan
bermanfaat. Aamiin....
Segala yang benar dari
Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita
tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul
majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma
wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya
Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah
melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment