Kajian
Online WA Hamba الله SWT
Selasa,
21 Februari 2017
Rekapan
Grup Nanda 2
Narasumber
: Ustadzah Fina
Tema : Fiqh
Editor
: Rini Ismayanti
Dzat
yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungakan-Nya...
Dzat
yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat
yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan
indahanyaa ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya,
yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk
mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.
AlhamduliLlah...
tsumma AlhamduliLlah...
Shalawat
dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah
kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat
yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing
manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur
lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan,
kemuliaan, dan kebahagiaan.
Amma
ba'd...
Ukhti
fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangakah indahanyaa kita awali dengan
lafadz Basmallah
Bismillahirrahmanirrahim...
MANDI HADAS (MANDI
JUNUB)
Allah Azza wa-Jalla telah mewajibkan
setiap mukmin mandi setelah ia berjunub (berhadas besar). Allah berfirman:
“Dan jika sekiranya kamu berjunub
maka hendaklah kamu bersuci (mandi junub)”. (al-Maidah 5:6)
DEFINISI
Pengertian mandi atau al-ghuslu (الغسل) menurut pengertian Bahasa Arab ialah:
“Mangalirkan air ke seluruh anggota
tubuh badan”. (Lihat: Fathul Bari, 1/359. Ibnu Hajar)
“Al-Guslu (mandi) ialah:
Menyempurnakan membasuh (mencuci) seluruh jasad (tubuh badan)”. (Lihat: Lisanul
Arab. 2/988)
Menurut Al-Hafiz Ibnu Hajar
rahimahullah, dimaksudkan mandi junub (mandi hadas besar) ialah:
“Hakikat mandi junub ialah menjirus
(mengalirkan) air ke seluruh anggota tubuh (Lihat: Fathul Bari. 1/359) (dari
hujung rambut ke hujung kaki). Sebahagian ulama mewajibkan berkumur-kumur dan
menghisap air ke hidung (memasukkan air ke dalam hidung) semasa mandi junub”.
Adapun sebab-sebab wajibnya mandi
junub (mandi hadas besar) ialah setelah terjadi perkara-perkara berikut:
PERTAMA:
1. Wajib Mandi Junub Kerana Keluar Air Mani
Para ulama telah sepakat bahawa
apabila keluar air mani dengan bersyahwat, bersetubuh atau bermimpi maka wajib
baginya mandi junub. Begitu juga bagi kaum perempuan (jika keluar air mani)
maka wajib baginya mandi junub sebagaimana keterangannya dari hadis-hadis
berikut:
“Dari Aisyah ia berkata: Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa-sallam pernah ditanya oleh seorang lelaki yang mendapati
basah (karena keluar mani) padahal tidak ingat bahwa ia bermimpi lalu Baginda
menjawab: Hendaklah ia mandi. Dan baginda pernah ditanya tentang lelaki yang
bermimpi dirasakan seolah-olah keluar air mani tetapi tidak ada kesan basah.
Baginda menjawab: Tidak wajib mandi. Kemudian Ummu Sulaim bertanya: Kalau
perempuan bermimpi demikian wajibkah wanita itu mandi? Nabi menjawab: Ya,
karena sebenarnya kaum wanita itu adalah saudara-saudara kaum lelaki!”. (H/R
Imam yang lima, kecuali Nasaii.)
“Dari Ummi Salamah bahawa Ummu Sulaim
berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu karena sesuatu yang
haq! Apakah wanita wajib mandi junub kalau ia bermimpi? Baginda menjawab: Ya,
apabila ia melihat air! Kemudian Ummu Salamah bertanya lagi: Apakah perempuan
juga bermimpi? Celaka engkau, kalau tidak begitu dengan apa anaknya boleh
serupa dengannya!”. (Muttafaq ‘alaihi)
“Dari Khaulah binti Hakim bahawa
beliau pernah bertanya kepada Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam tentang
perempuan yang bermimpi seperti mimpinya lelaki lalu Nabi sallallahu ‘alaihi
wa-sallam bersabda: Ia tidak wajib mandi sehingga mengeluarkan air mani seperti
halnya lelaki tidak wajib mandi sehingga ia mengeluarkan air mani”. (H/R Ahmad)
“Dan Nasaii meriwayatkan dengan
ringkas yang lafaznya: Bahwasanya dia (Khaulah) bertanya kepada Nabi sallallahu
‘alaihi wa-sallam tentang perempuan yang bermimpi mengeluarkan air mani dalam
tidurnya lalu Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam menjawab: Kalau ia melihat air
mani maka hendaklah ia mandi”. (H/R Nasaii)
Dari hadis-hadis sahih di atas,
menunjukkan bahwa wanita juga terkadang bermimpi karena wanita adalah saudara
kandung lelaki. Maka sebagaimana kaum lelaki juga bermimpi maka kaum wanita
demikian pula. (Lihat: Fatwa-fatwa muslimah. Hlm. 141. Syeikh Muhammad bin
Ibrahim al-Syeikh, Syeikh Abdurrahman bin Hashir as-Sa’diy, Syeikh Abdullah bin
Abdullah bin Bazz, Syeikh Muhammad bin Soleh al-Uthaimin, Syeikh Abdullah bin
Jibrin dan Syeikh Soleh Fauzan bin Fauzan)
Dan jika ia (seseorang wanita) tidak
menemui tanda/bekas/basah/sisa-sisa air setelah bangun tidur maka ia tidak
diwajibkan untuk mandi junub. Adapun jika ia mendapati bekas/tanda air maka ia
wajib mandi karena Ummu Sulaim berkata: Wahai Rasulullah, apakah seorang wanita
wajib mandi jika ia bermimpi (keluar air)? Rasulullah sallallahu ‘alaihi
was-sallam menjawab: Ya, kalau ia melihat (mendapati basah) bekas air! Jika
wanita mendapati ada bekas air maka ia diwajibkan mandi junub. (Lihat: Fatwa-fatwa
muslimah. Hlm. 141. Syeikh Muhammad bin Ibrahim al-Syeikh, Syeikh Abdurrahman
bin Hashir as-Sa’diy, Syeikh Abdullah bin Abdullah bin Bazz, Syeikh Muhammad
bin Soleh al-Uthaimin, Syeikh Abdullah bin Jibrin dan Syeikh Soleh Fauzan bin
Fauzan)
Jika seorang perempuan sering
mengeluarkan cairan tanpa disebabkan oleh suatu rangsangan (nafsu
syahwat/nikmat) maka sama sekali tidak diwajibkan mandi. Mandi hanya diwajibkan
apabila melakukan persetubuhan, bermimpi, keluar air diiringi syahwat (seperti
mimpi berjimak dengan seorang pria lalu ketika bangun terdapat bekas air maka
diwajibkan baginya mandi junub). (Lihat: Fatwa-fatwa muslimah. Hlm. 141. Syeikh
Muhammad bin Ibrahim al-Syeikh, Syeikh Abdurrahman bin Hashir as-Sa’diy, Syeikh
Abdullah bin Abdullah bin Bazz, Syeikh Muhammad bin Soleh al-Uthaimin, Syeikh
Abdullah bin Jibrin dan Syeikh Soleh Fauzan bin Fauzan)
PENJELASAN TENTANG WADI DAN MAZI
Wadi: Wadi adalah cairan pekat
yang biasanya keluar setelah seseorang selesai dari buang air kecil (kencing).
Wadi ini dihukum najis dan harus disucikan seperti halnya kencing, akan tetapi
tidak diwajibkan mandi. (Lihat: Fiqh Wanita. Hlm. 19. Syeikh Kamil Muhammad
‘Uwaidah)
Madzi: Madzi adalah cairan yang
bening dan pekat yang keluar dari zakar atau faraj ketika bercumbu atau ketika
nafsu syahwat. Hal ini sama-sama dialami oleh lelaki dan juga wanita, akan
tetapi pada wanita jumlahnya lebih banyak. Menurut kesepakatan para ulama,
madzi ini dihukum najis. Apabila madzi ini mengenai badan maka wajib
dibersihkan dan apabila mengenai pakaian maka cukup sekadar menyiramkan air
pada bagian yang terkena madzi. Mengenai hal ini terdapat hadis-hadis shahih
yang menjelaskannya.
Aisyah radiallahu ‘anha mengatakan:
“Wadi itu keluar setelah proses
kencing selesai. Untuk itu hendaklah seseorang muslim (dan muslimah)mencuci
kemaluannya (setelah keluarnya wadi) dan berwudhu serta tidak diwajibkan mandi
junub”. (H/R Ibnu al-Munzir)
“Tentang mani, wadi dan madzi. Adapun
mengenai mani maka diwajibkan mandi karenanya. Sedangkan mengenai madzi dan
wadi maka cukup dengan membersihkan secara sempurna”. (H/R Al-Baihaqi dan
Al-Athram)
“Mengenai wadi dan madzi, Rasulullah
bersabda: Basuhlah kemaluanmu atau tempat kemaluanmu dan berwuduklah seperti
pada saat hendak melaksanakan sholat”. (H/R Baihaqi)
Oleh karena itu maka keluar wadi atau
madzi dihukum najis dan membatalkan wudhu. Wajib dibasuh zakar atau faraj dan
pakaian yang terkena wadi atau madzi tetapi tidak diwajibkan mandi junub (mandi
hadas besar) jika keluar wadi dan madzi sebagaimana penjelasan dari hadis-hadis
yang lalu dan sabda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam:
“Dari Ali berkata: Aku adalah seorang
lelaki yang sering keluar madzi lalu aku bertanya kepada Nabi sallallahu
‘alaihi wa-sallam kemudian ia bersabda: Dalam madzi itu berwudhu dan dalam mani
itu wajib mandi. (H/R Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmizi dan disahihkan oleh
Tirmizi)
“Dan dari Ahmad. Lalu baginda
bersabda: Kalau engkau mengeluarkan mani maka mandilah kerana telah berjunub
dan apabila engkau tidak mengeluarkan mani maka janganlah mandi”. (H/R Ahmad)
Ibnu Ruslan berkata: Kaum Muslimin
telah ijmak atas wajibnya mandi junub (mandi hadas) bagi lelaki dan perempuan
disebabkan keluar air mani atau mengeluarkan air mani. (Lihat: Nailul
Autar.1/191. asy-Syaukani)
KEDUA:
2. Wajib Mandi Karena Persetubuhan
Menurut Imam An-Nawawi bahawa: Telah
disepakati atas wajibnya mandi junub (bagi suami dan isteri) apabila hasyafah
(kepala zakar lelaki) telah masuk ke dalam faraj walaupun tidak mengeluarkan
air mani. Inilah pendapat dari ijmak.
KETIGA:
3. Setelah Bersih Dari Haid Atau Nifas
Para wanita yang sudah bersih
(kering) dari haid dan nifas maka diwajibkan mandi hadas (mandi junub)
sebagaimana keterangan dari hadis-hadis sahih yang berikut:
Dari Aisyah bahawa Fatimah binit Abi
Jahsy sedang istihadhah lalu aku bertanya kepada Nabi sallallahu ‘alaihi
wa-sallam. Kemudian baginda menjawab: Itu hanya sebagian dari peluh, bukan
haid. Maka apabila engkau sedang haid, tinggalkanlah sholat dan kalau telah
selesai maka mandilah dan bersholatlah”. (H/R Bukhari)
CARA ATAU SIFAT MANDI JUNUB RASULULLAH
Adapun hadis-hadis tentang wajibnya
mandi junub (mandi hadas) antaranya ialah:
“Dari Maimunah radiallahu ‘anha ia
berkata: Aku pernah menuangkan air untuk Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam untk
mandi junub. Maka baginda memulakan dengan mencuci kedua tangannya dua kali
atau tiga kali, kemudian ia menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan
kirinya lalu ia mencuci farajnya (kemaluannya) dan bagian yang kena kotoran,
setelah itu ia mengusapkan tangannya yang kiri ke tanah dua kali atau tiga kali
lalu ia mencucinya. Kemudian baginda berkumur-kumur sambil menghisap air ke
hidung lalu menghembuskannya kemudian ia mencuci mukanya dan kedua tangannya
lalu ia mencuci kepalanya tiga kali, setelah itu barulah Rasulullah menuangkan
air ke seluruh tubuhnya. Setelah selesai Rasulullah pindah dari tempatnya lalu
Rasulullah mencuci kedua kakinya”. (H/R Bukhari, Kitabul Ghusul. Muslim, 1/175.
Abu Daud. No 245. Turmizi, Nasaii, Ibnu Majah dan Ahmad)
1 - Syariah berkata (ucapan):
“Kemudian ia membasuh kedua kakinya”, ini menunjukkan bahwa wudhu yang
dilakukan oleh Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam memulai mandi junub tanpa
membasuh kedua kakinya.
2 - Jumhur ulama berpendapat:
Sunnah mengakhirkan membasuh kedua kaki ketika berwudhu dalam mandi junub yaitu
membasuh setelah selesai mandi junub.
3 - Imam Malik berpendapat:
Apabila tempat mandi junub itu tidak bersih maka mengakhirkan membasuh kedua
kaki itu adalah sunnah. Tetapi apabila tempat itu bersih maka mencuci dua kaki
itu hendaklah didahulukan.
4 - Imam an-Nawawi berkata: Yang
lebih benar dan lebih masyhur serta terpilih dari pendapat tersebut ialah
menyempurnakan wudhunya
“Dari Aisyah radiallahu ‘anha bahawa
Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam apabila mandi junub Baginda memulai mencuci
kedua tangannya kemudian ia menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan
kirinya lalu ia mencuci kemaluannya. Kemudian Baginda berwudhu sebagaimana
wudhunya untuk sholat. Lalu Baginda memasukkan jari-jari tangannya ke dalam
air, lantas ia sela-sela pangkal-pangkal rambutnya dengan jari-jarinya itu,
setelah ia merasakan telah basah rambutnya, ia tuangkan air ke atas kepalanya
tiga kali cedukan dengan kedua tangannya kemudian ia alirkan air keseluruh
tubuhnya”. (H/R Bukhari. 1/68. Muslim. 1/174. Abu Daud. 242. Ibn Majah 574)
“Dari Jabir radiallahu anhu bahawa
Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam mengambil air tiga kali cedukan dan
Baginda tuangkan ke atas kepalanya, kemudian Baginda menuangkan air ke seluruh
tubuhnya”. (H/R Bukhari, 1/69. Kitab al-Ghusul)
“Dari Aisyah radiallahu ‘anha ia berkata:
Adalah Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam apabila mandi junub, Baginda
meminta air dengan satu bejana besar lalu ia ambil air itu dengan tangannya,
kemudian memulai pada bagian kepala sebelah kanan, kemudian yang kiri, kemudian
ia mengambil air dengan kedua telapak tangannya lalu ia tuangkan di atas
kepalanya”. (H/R Bukhari dan Muslim)
“Diriwayat yang lain: Kemudian
Baginda menyela-nyela rambutnya dengan kedua tangannya sehingga apabila ia
merasa telah basah seluruh kulit kepalanya, ia tuangkan air di atasnya tiga
kali”. (H/R Bukhari dan Muslim)
“Dan dari Jubair bin Muth’am ia
berkata: Kami pernah berbincang-bincang tentang mandi junub di hadapan
Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam lalu Rasulullah bersabda: Adapun aku,
cukup mengambil air sepenuh dua tapak tanganku lalu aku tuangkan di atas
kepalaku, kemudian aku menyiram bakinya atas seluruh tubuhku”. (H/R Ahmad)
“Dari Jubair radiallahu ‘anhu
berkata: Adapun aku, menuangkan air ke atas kepalaku tiga kali (beliau memberi
isyarat dengan kedua tangannya). (H/R Bukhari, 1/69). Kemudian aku menyiram ke
atas seluruh tubuhku”. (H/R Ahmad.)
Dari semua hadis-hadis tentang mandi
junub yang telah lalu, dapat difahami dan diringkaskan bahwa sifat mandi junub
Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam ialah:
- Didahulukan dengan mencuci kedua
telapak tangan hingga ke pergelangan tangan. Ia dilakukan tiga kali.
- Mencuci kemaluan dengan tangan
kiri.
- Setelah mencuci kemaluannya, Nabi
sallallahu alaihi wa-sallam menggosok tangannya ke tanah beberapa kali iaitu
dua atau tiga kali.
- Berwudhu sebagaimana wudhu untuk
sholat. Ada kalanya mengakhirkan dari mencuci kakinya.
- Memasukkan jari-jemari ke dalam air
kemudian menyela-nyela rambut dengan kedua-dua jari-jemari tangan sehingga
rata.
- Menuangkan air ke atas kepala tiga
kali, sama ada dengan menceduk dengan kedua tangan atau dengan gayung.
- Mengalirkan, meratakan dan membasuh
ke seluruh tubuh badan
- Selepas mandi tidak diwajibkan
berwudhu jika wudhu sebelum mandi tidak batal tetapi jika sekiranya batal maka
wajib memperbaharui wudhunya.
“Dari Aisyah radiallahu anha: Adalah
Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam tidak berwudhu setelah selesai mandi
junub”. (H/R Ahmad, Ibnu Majah, Abu Daud. 1/171. TIrmizi, 1/72)
TANYA JAWAB
Q : Assalamualaikum bunda, mau bertanya. Dari ringkasan mandi junub Nabi Sallalahu'alaihi wa sallam, yang ketiga itu menggosok tangan ke tanah, sedangkan di zaman saat ini kamar mandi rata-rata sudah berubin ya bun, lalu bagaimana menyiasatinya bun?
A : Wa'alaikumussalaam.wr.wb.
Q :
Assalamualaikum bunda, mau tanya. Tadi sebelumnya dari Maimunah radiallahu'anha
tahapannya setelah mencuci kedua tangan adalah menuangkan air dengan tangan
kanan ke badan kiri dan sebaliknya. Tapi di akhir penjelasan tidak ada
keterangan menuangkan air dengan tangan kanan ke badan sebelah kiri. Gimana itu
bund? Afwan bunda hehe
A : Haditsnya kan macem-macem itu cara mandinya
Tata Cara Mandi Junub :
A : Haditsnya kan macem-macem itu cara mandinya
Tata Cara Mandi Junub :
Berkaitan dengan mandi junub,
terdapat dua hadis pokok yang bisa kita jadikan sebagai acuan. Dua hadis ini
berasal dari dua istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Aisyah
dan Maimunah radhiallahu ‘anhuma.
Hadis Pertama:
hadis Aisyah radhiallahu ‘anha,
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ، ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ يُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِى الْمَاءِ ، فَيُخَلِّلُ بِهَا أُصُولَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ، ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ
Dari Aisyah, istri
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu
alaihi wa sallammandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak
tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau
memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya,
kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak
tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh
badannya.” (HR. Bukhari no. 248 dan Muslim no. 316)
Hadist kedua,
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَتْ مَيْمُونَةُ وَضَعْتُ لِرَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – مَاءً يَغْتَسِلُ بِهِ ، فَأَفْرَغَ عَلَى يَدَيْهِ ، فَغَسَلَهُمَا مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَفْرَغَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ ، فَغَسَلَ مَذَاكِيرَهُ ، ثُمَّ دَلَكَ يَدَهُ بِالأَرْضِ ، ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ ثُمَّ غَسَلَ رَأْسَهُ ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَفْرَغَ عَلَى جَسَدِهِ ، ثُمَّ تَنَحَّى مِنْ مَقَامِهِ فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ
Dari Ibnu Abbas,
bahwa Maimunah mengatakan, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada
kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu
beliau menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya, kemudian beliau
mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah.
Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau
membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali
dan mengguyur seluruh badannya. Selanjutnya, beliau bergeser dari posisi semula
lalu mencuci kedua kakinya (di tempat yang berbeda).” (HR. Bukhari no. 265 dan
Muslim no. 317)
Dengan menggabungkan hadis di atas,
bisa kita simpulkan urutan tata cara mandi sebagai berikut:
1. Menuangkan air dan Mencuci kedua
tangan
2. Mengambil air dengan tangan kanan
untuk mencuci kemaluan dengan tangan kiri. Kita juga bisa gunakan gayung untuk
kegiatan ini.
3. Menggosokkan tangan kiri ke tanah.
Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran kemaluan yang menempel di tangan.
Ini bisa kita ganti dengan sabun.
4. Berkumur dan menghirup air ke
dalam hidung, kemudian dilanjutkan dengan berwudhu, namun tidak sampai mencuci
kaki. Karena bagian ini diakhirkan.
5. ketika mulai membasahi rambut,
sela-selai pangkal rambut dan basahi dengan air. Sampai seluruh kepala dan
rambut basah.
6. Siram kepala 3 kali, dilanjutkan
dengan menyiram seluruh anggota badan.
7. Mengguyur air ke seluruh badan
dengan mendahulukan yang kanan.
Dari Aisyah radhiallahu ‘anha,
ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ
Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam biasa mendahulukan yang kanan ketika memakai
sendal, ketika bersisir, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang
baik-baik).” (HR. Bukhari no. 168 dan Muslim no. 268)
Jangan lupa untuk digosok, terutama
di bagian badan yang tersembunyi. Pastikan semua badan Anda basah.
8. berpindah tempat, dan cuci kedua
kaki. Jangan lupa, sela-selai jari kaki, sampai Anda yakin seluruh kaki Anda
basah.
Alhamdulillah,
kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan
berkah dan bermanfaat. Aamiin....
Segala
yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah
langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan
do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma
wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha
Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan
yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat
kepada-Mu.”
Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT
0 komentar:
Post a Comment